Workshop Inovasi Seni Kerajinan Makrame bagi Kaum Disabilitas Hasilkan Karya yang Siap Dipamerkan

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG PANJANG – Perkumpulan Makrame Kreatif Mandiri (MKM) Kota Padang Panjang telah selesai mengadakan Workshop Inovasi Seni Kerajinan Makrame bagi Kaum Disabilitas atas dukungan program Fasilitasi Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi tahun 2022. 

Sebagai  perkumpulan berbasis sosial yang bergerak pada literasi masyarakat serta wadah pengembangan seni kerajinan dan sesuai visi yang menciptakan sumber daya manusia yang terampil, cerdas berkualitas, inovatif, dan kreatif serta berakhlak mulia, MKM telah mengangkat jiwa kreativitas kaum disabilitas di Kota Padang Panjang untuk menciptakan produk-produk yang berinovasi seni kerajinan makrame yang siap dipasarkan dan dipamerkan. 

Read More

Ketua PMKM Padang Panjang, Asmidar, M.Sn. kepada Minangkabaunews.com. Ahad (28/8/2022), mengatakan, Workshop Inovasi Seni Kerajinan Makrame bagi Kaum Disabilitas di Kota Padang Panjang telah menumbuhkan kesadaran dan menggalakkan seni kerajinan makrame pada kaum disabilitas, meningkatkan keterampilan dan kecakapan  dalam menciptakan produk inovasi seni kerajinan makrame sehingga bisa menjadi modal dalam berwirausaha yang berdampak pada peningkatan taraf hidup serta perekonomian kaum disabilitas kedepannya. 

“Di samping itu, yang tidak kalah penting dalam kegiatan ini adalah meningkatkan kualitas diri, baik fisik maupun mental kaum disabilitas, sehingga memberi dampak kepada kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang,” ujar Asmidar.

Dijelaskannya, selama mengikuti workshop ini peserta kaum disabilitas yang berjumlah 20 orang sangat antusias bahkan mereka berharap kegiatan semacam ini terus ada dan berkelanjutan. 

“Bahkan, karya yang sudah dihasilkan dari workshop ini sudah siap untuk dipamerkan ke publik yang rencananya digelar pada akhir September ini,” ujarnya.

Ditambahkan, tujuan dipamerkannya produk hasil workshop itu nantinya akan memberi dampak ekonomi dan peningkatan kreativitas kaum disabilitas di Kota Padang Panjang. 

Adapun produk inovasi seni kerajinan makrame yang dihasilkan adalah berupa tas, hiasan dinding, alas meja, vas bunga, cermin dan sebagainya. (Edi Fatra).

Related posts