Workshop TaKa Kreasi Indonesia, Menteri Sandiaga Uno: Ekraf dan Pariwisata Bagaikan Dua Sisi Mata Uang yang Saling Menguatkan

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG — Kementerian Pariwisata RI menggelar Workshop TaKa Kreasi Indonesia di Hotel Truntum, Minggu, (29/8/2021). Kegiatan ini langsung dihadiri Menteri Sandiaga Salahuddin Uno.

“Pariwisata bisa menghasilkan new value jika ditunjang ekonomi kreatif yang berinovasi dan berdaya saing,” tegas Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin.

Read More

Katanya, pariwisata Sumbar bisa bangkit dan sehat jika semua warganya menaati protokol Covid-19.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin mengatakan Kota Padang sebagai Kota kedua program TaKa Indonesia.

Sandiaga Uno mengajak warga Kota Padang memakai produk lokal, karena ekonomi kreatif erat kaitannya dengan pengembangan pariwisata unggulan.

Dia berharap level PPKM bisa ditekan agar ekonomi kreatif kerakyatan lebih berkembang di Kota Padang.

Sandi juga menyampaikan, pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif dimulai dengan pemetaan dan mengusulkan subsektor ekonomi kreatif apa yang bisa dikembangkan di kabupaten/kota tersebut. Bahkan akan ada unggulan produk kreatif melalui kegiatan Uji Petik terhadap 4 elemen PKM3i, yaitu meliputi 17 subsektor ekonomi kreatif; kreator/pelaku ekraf (ABCG-M); rantai nilai Ekraf; dan keterkaitan Backward-Forward Linkage.

Selanjutnya hasil uji petik tersebut diusulkan untuk ditetapkan menjadi KaTa Kreatif. Lebih lanjut dapat diteruskan untuk mendapat pengakuan internasional sebagai Kota Kreatif Dunia melalui Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO.

Sementara itu, Wali Kota Padang Hendri Septa melaporkan saat ini terdapat 34 ribu lebih UMKM di Kota Padang yang bergerak di sektor ekonomi kreatif.

“Ekonomi kreatif yang saat sangat menonjol di Kota Padang saat ini adalah sub sektor kuliner yang mencapai 62,1 persen,” tutur Hendri Septa.

Usaha ekonomi kreatif di Kota Padang, lanjut Hendri Septa, tersebar di 104 kelurahan yang tersebar 11 kecamatan. Khusus untuk sub sektor kuliner, terbanyak di Kecamatan Kuranji.

“Semoga kunjungan Uda Menteri Sandiaga Uno di Kota Padang, dapat mensupport dan membangkitkan semangat para pelaku usaha ekonomi kreatif untuk lebih meningkatkan usahanya,” tutup Hendri Septa.

Related posts