Wujudkan Koperasi Sehat dan Kuat, Pengawas dan Pengurus Dibekali Peningkatan Skill

  • Whatsapp
Pelatihan koperasi
pelatihan upaya peningkatan kesehatan koperasi di Auditorium Mini Minang Fantasi di padang panjang (Foto: Dok. Istimewa)

INANGKABAUNEWS.COM, PADANG PANJANG — Pasca Kota Padang Panjang dikukuhkan sebagai Kota Koperasi Syariah, berbagai pelatihan koperasi terus dilakukan Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperdakop UKM).

Pengawas koperasi se-Kota Padang Panjang ikuti pelatihan upaya peningkatan kesehatan koperasi di Auditorium Mini Minang Fantasi,Kamis, (27/5/2021).

Read More

Wali kota yang diwakili Assisten Perekonomian dan Pembangunan, Iriansyah Tanjung, mengatakan, koperasi syariah sudah menjadi tekad pemerintah dan warga kota.

“Kesungguhan Padang Panjang memiliki koperasi syariah ini, dapat dilihat dengan telah dibentuknya tim percepatan koperasi syariah, fasilitasi pengawasan, kerja sama dengan pihak lain dan pelatihan-pelatihan seperti saat ini,” katanya.

Upaya yang dilakukan untuk mewujudkan ini, tambahnya lagi, bukan perkara mudah. Tidak hanya syariah, tentunya koperasi harus juga sehat dan kuat. Dengan koperasi yang sehat dan kuat, maka koperasi akan tampil sebagai lembaga ekonomi utama yang akan mampu menggerakkan perekonomian dan menyejahterakan seluruh anggotanya.

Sementara bagi pengawas, sebutnya lagi, tentunya lebih penting lagi pelatihan ini. Sebab pengawas nantinya yang akan membawa pengurus untuk patuh dan mengelola koperasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Saya harap semua pengawas yang hadir saat ini dapat memanfaatkan dengan baik pelatihan ini. Amalkan dan pergunakanlah ilmunya,” ucapnya.

Sementara Kadis Perdakop UKM, Arpan, menyebutkan, pelatihan ini diikuti 30 pengawas koperasi.

Kegiatan ini bertujuan untuk mempermudah pengawas dalam melaksanakan evaluasi, meningkatkan pengetahuan pengawas di bidang kesehatan koperasi dan memberikan motivasi bagi koperasi yang berkualitas melalui hasil penilaian kesehatan koperasi.

“Meningkatkan upaya kesehatan koperasi, memang sangat perlu kita laksanakan. Hal inilah yang akan menjadi semangat bagi pengawas koperasi dalam meningkatkan kesehatan koperasi sehingga koperasi lebih berkualitas ke depannya,” ulasnya.

Pelatihan ini akan berlangsung selama tiga hari yang akan berakhir Sabtu lusa (29/5). Untuk pengurus koperasi, sudah dilaksanakan pada Senin (24/5) hingga Rabu (26/5/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri perwakilan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Barat, kabag perekonomian, camat dan lurah serta se Padang Panjang.

Related posts