Yuk! Melancong ke Johor Malaysia

MINANGKABAUNEWS.COM, MEDAN — Perdana Menteri Malaysia, Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob pada Maret lalu mengumumkan bahwa perbatasan Malaysia telah dibuka sepenuhnya pada 1 April 2022 bagi pelancong antarabangsa tanpa harus melakukan karantina. Tentu banyak pelancong yang sudah tidak sabar untuk kembali menjelajah Malaysia seperti saat sebelum pandemi dulu. Masih bingung ingin mengunjungi negeri mana? Mungkin Sahabat Tourism bisa mencoba Negeri Johor.

Negeri Johor memiliki nama resmi Johor Darul Takzim dan telah memperoleh julukan The Jewel of Malaysia dikarenakan keindahannya. Saat ini Johor dipimpin oleh DYMM Sultan Ibrahim Ismail. Johor memiliki ibu kota Johor Bahru. Namun pemerintahannya sendiri dipimpin oleh seorang Menteri Besar atau setingkat Gubernur jika di Indonesia. YAB Onn Hafiz Ghazi ialah yang menjadi Menteri Besar Johor saat ini sejak 15 Maret 2022.

Read More

Untuk mengunjungi Johor Bahru dari Indonesia, aksesnya cukup mudah bagi wisatawan terutama pelancong asal Batam. Cukup menggunakan ferry dari Pelabuhan Ferry Batam Centre menuju Pelabuhan Stulang Laut, Johor dengan waktu tempuh hanya 1 jam.

Sebelum pandemi, akses ke Johor Bahru dilayani oleh Maskapai Malaysia Airlines dari Medan via Kuala Lumpur sebanyak 14 kali seminggu, dan feri dari Tanjung Pinang dan Batam langsung menuju Pelabuhan Stulang Laut, ke Johor Bahru, sebanyak 35 kali seminggu.

Saat ini, menurut Koordinator Relawan Covid-19 di Tanjung Pinang, Rudi Chua, akses pelayaran Tanjungpinang – Malaysia baru akan dibuka kembali 9 April 2022.

Johor Bahru sendiri telah mengalami pembangunan yang sangat pesan dalam 10 (sepuluh) tahun terakhir dan kini menjadi kota kedua terbesar setelah Kuala Lumpur. Seiring dengan perkembangan ini, Johor telah menjadi tujuan wisata dengan jumlah peminat yang semakin banyak, dengan harga yang relatif terjangkau terutama untuk wisatawan Indonesia.

#YokRoundJohor ke destinasi wisata favorit disana!

Legoland
Satu hari tentu tidak akan cukup untuk menikmati semua wahana yang ada di area yang sama dengan ukuran lebih dari 50 lapangan sepak bola. Legoland Malaysia merupakan sebuah taman tema yang terletak di Iskandar Puteri, Johor, Malaysia dan merupakan taman tema Legoland pertama di Asia. Ada banyak yang bisa dinikmati jika mengunjungi Legoland Malaysia seperti Legoland Park.Taman tema berisi 40 wahana interaktif, acara dan atraksi. Ada juga Legoland Waterpark, paduan tepat bagi pelancong yang ingin menikmati taman tema dan bermain air sekaligus, dan sudah dilengkapi dengan lebih dari 20 slides untuk dicoba.

Legoland juga memiliki restoran bawah laut pertama di Malaysia yang melayani four-course dining ditemani bintang Sea Life Legoland, Hiu Karang Ujung Hitam dan Hiu Zebra.

Sunway City Iskandar Puteri
Merupakan salah satu projek perbandaran terbesar Sunway yang mempunyai nilai pembangunan kasar melebihi 30 miliar ringgit dan melibatkan pembangunan kawasan seluas 1,800 hektar tanah di Iskandar Puteri, Johor. Pembangunan di Sunway City Iskandar Puteri diluncurkan secara bertahap dan dibagi menjadi enam area yaitu The Lakeview, The Seafront, The Parkview, The Riverside, The Marketplace, dan The Capital.

Rencana pembangunan ini akan memberikan sentuhan gaya hidup kota yang mewah dengan rumah dan pemandangan yang lebih luas serta menawarkan pengalaman unik bagi masyarakat di Johor.

Selain banyak pengembangan hunian, Sunway City Iskandar Puteri juga fokus pada amenitas dan fasilitas lain di dalam kota seperti Sunway Big Box (taman hibrida ritel pertama), XPARK Sunway City Iskandar Puteri (olahraga petualangan terbesar seluas 32 hektar), Sunway Emerald Boulevard 88, Sunway Citrine Hub dengan Jaya Grocer pertama di Johor, pom bensin Caltex (kios bensin pertama di Medini) dan akan segera membuka Sunway Big Box Hotel, Sunway GRID Hub dan sekolah pemerintah Cina – SJK (C) Cheah Fah.

Bersantai di Desaru Coast
Resor premium terintegrasi yang memadukan jaringan hotel dan resor bertaraf internasional dengan pusat konferensi, lapangan golf, taman air bertema, dan desa ritel. Desaru Coast terletak di tenggara Malaysia, tepatnya di negara bagian Johor, yang berdiri di atas lahan seluas 3.900 hektar dan menyajikan pemandangan pesisir dengan pantai alami sepanjang 17 kilometer.

Selain mengembangkan sentra hiburan yang pas bagi seluruh usia pengunjung, Desaru Coast sangatlah mudah untuk dicapai, baik menggunakan transportasi darat, udara, dan laut. Melalui jalur darat, wisatawan dapat memanfaatkan akses dari Johor Baru melalui Senai-Desaru Express (selama 1 jam dan 15 menit), dari Singapura melalui Causeway (selama 1 jam dan 30 menit), dan dari Kuala Lumpur melalui North-South Expressway (selama empat jam).

Salah satu atraksi utama Desaru Coast adalah Desaru Coast Adventure Waterpark yang diakui sebagai salah satu waterpark terbesar di dunia, yang dibangun dengan tema desa nelayan di Malaysia. Pengunjung dapat menikmati kolam dengan ombak terbesar di Asia Tenggara dan merasakan langsung water coaster pertama di Asia. Selain itu, taman bermain air ini juga memiliki 20 wahana seluncur yang berlainan dan dapat dinikmati segala usia pengunjung.

Komplek Kraf Johor
Kompleks ini merupakan kompleks kraf pertama yang dimanfaatkan sebagai daya tarik wisatawan dan pusat pendidikan industri kraf negara. Kompleks Kraf Johor atau dikenali dengan panggilan KKJ merupakan destinasi persinggahan wisatawan yang berkonsepkan seni ikonik dan budaya lokal Negeri Johor.

Bercirikan Perkampungan Melayu, 5 (lima) buah wakaf beroperasi setiap hari dan pengunjung berpeluang melihat dan mempelajari seni pembuatan produk kraf. Di sini disediakan proses pembuatan alat musik tradisional, patung wayang kulit, cenderamata, jahitan dan sulaman serta produk tembaga. Berkonsepkan pendidikan, perkampungan kraf memberi pengalaman sentuhan sebagian pengalaman yang sangat bernilai bagi merasai sendiri cara penghasilan produk kraf.

Di samping itu, Johor juga menawarkan aneka hidangan lezat seperti Roti Canai, Nasi Lemak, Laksa, Asam Pedas dan sebagainya juga telah menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Sudah puas dengan destinasi itu? Eh bentar dulu. Masih ada satu lagi tujuan wisata yang harus kalian coba. Mau mencoba jenis wisata baru? Kunjungi Stadium Sultan Ibrahim!

Stadium Sultan Ibrahim adalah stadium sepak bola yang terletak di Iskandar Puteri, Johor, Malaysia. Stadium ini merupakan rumah baru bagi semua tim sepakbola Johor menggantikan Stadium Larkin yang sebelumnya digunakan. Resmi dibuka sejak Februari 2020, Stadium Sultan Ibrahim mampu menampung sebanyak 40.000 penonton.

Seiring dengan baru dibukanya perbatasan Malaysia, semua pengunjung Stadium Sultan Ibrahim diundang untuk merasai pengalaman berharga menaiki kenderaan mewah Hummer Limosin mengelilingi stadium ikonik skuad Harimau Selatan ini. JDT Hummer Tour ini antaranya ialah tarikan baharu buat pengunjung Johor Bahru.

Dengan bayaran serendah RM30 per orang, pengunjung berpeluang untuk menaiki Hummer Limosin bagi mengelilingi stadium yang menjadi gelanggang buat wira-wira JDT. Bagi peringkat awal, Johor Darul Ta’zim (JDT) Hummer Tour akan beroperasi setiap Jumat hingga Ahad dalam dua sesi. Sesi 1 bermula dari 9 pagi hingga 12 siang, dan sesi 2 mulai pukul 5 hingga 10 petang.

Limosin baru bisa beroperasi jika sudah ada setidaknya 10 pengunjung yang akan mengikuti tour. Dalam satu trip, pengunjung bisa menikmati perjalanan mengitari Stadium Sultan Ibrahim selama 10 menit.

JDT Hummer Tour sendiri memiliki 24 trip perharinya dan saat ini hanya ada 2 unit Hummer Limosin yang beroperasi.

Related posts