Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Bawaslu Padang Pariaman Mencapai 75,14 Parsen

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM. PAUHKAMBAR,- Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu)  Kabupaten Padang Pariaman baru-baru ini melaksanakan survey. Survey yang dilakukan tersebut terkait dengan indeks kepuasan masyarakat terhadap kinerja Bawaslu Kabupaten Padang Pariaman dalam melaksanakan Pengawasan Pemilu.

Sekretaris Bawaslu Padang Pariaman Baiq Nila Ulfaini, S.Sos, M.PA, Jum’at ( 27/05/2022) menyebutkan, survey dilaksanakan karena ada dalam di DIPA. Survey ini dilaksanakan murni oleh staf Bawaslu, tanpa mengunakan tenaga pihak ketiga. Dilaksanakan sebagai bahan evaluasi jelang pengawasan Pemilu Serentak tahun 2024 mendatang.

” Alhamdulillah dan kita bersyukur survey yang dilaksanakan ini berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan dan kendala di lapangan maupun saat pengolahan datanya,” tukas Rudi Herman Koordinator Divisi Pencegahan, Hubungan Antar Lembaga dan Humas Bawaslu Kabupaten Padang Pariaman. 

” Dalam pelaksanaan survey Bawaslu Padang Pariaman memakai teknologi digital. Petugas dari Bawaslu Padang Pariaman langsung turun kelapangan untuk menjumpai para responden yang tentu saja menjawab pertanyaan yang diajuka dengan memakai android sebagai medianya,” tambah  Zainal Abidin Tk Sinaro Koordinator Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Padang Pariaman.

Ketua Bawaslu Padang Pariaman  Anton Ishaq menambahkan, survey ini tidak memakai sample. Karena jumlah responden hanya 110 orang dan. Sehingga meneliti seluruh populasi yang ada. Jadi 110 responden  itu dapat dikatakan sebagai sample jenuh.

Dijelaskannya, dalam 110 responden, Bawaslu Padang Pariaman mendapatkan 52 orang laki-laki (47 %) dan terdapat 58 orang (53 %) responden dari perempuan.

Ditambahkan Anton, untuk rentang usia yang dominan adalah mereka yang berusia 31-50 tahun sebesar 68 %, Jenjang Pendidikan responden yang dominan dalam survey adalah mereka yang berlatar Pendidikan  S1 dan D4 sederajat.

Sementara untuk profesi yang menjawab hasil survey adalah ASN dan Guru-guru sebanyak 33 orang (33 %),Aktivis dan pegiat sosial 10 orang (9 %) dan yang lain-lainnya seperti ; pelajar dan mahasiswa,perangkat nagari,petani,pegawai swasta sampai ibu rumah tangga.

” Awalnya kami menyiapkan 50 pertanyaan dalam survei. Namun akhirnya kami perkecil menjadi 27 pertanyaan saja, ” tambah Anton.

Bawaslu Padang Pariaman, tukuk Anton, sangat mengapresiasi dengan hasil survey Karena ini merupakan persepsi publik dalam memandang serta menilai Bawaslu Kabupaten Padang Pariaman. ” Ini murni dari sudut pandang pribadi responden,” ujar Ketua Bawaslu yang selalu berpenampilan rapi ini.

Pencapaian indeks kepuasan sebesar 75,14 % ini akan dijadikan motivasi dan cambuk agar lebih baik lagi  dimasa masa mendatang. Baik dalam tugas pengawasan dan penyediaan informasi publik serta  membangun kerja sama dengan stackholder  terkait. Salah dengan  KPU Padang Pariaman.

”  Karena KPU merupakan mitra penyelenggara yang  penting bagi kami,” ulas Anton menutup percakapan.


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts