Memenuhi Kebutuhan Pasien, PMI Kabupaten Mentawai Lakukan Pengecekan Golongan Darah Gratis di Desa Sioban

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, MENTAWAI – Demi layanan donor darah untuk kemanusiaan, PMI Kabupaten Kepulauan Mentawai adakan permeriksaan cek golongan darah secara gratis. Kali Markas PMI Kabupaten Kepulauan Mentawai menyisir wilayah Desa Sioban Kecamatan Sipora Selatan.

Pengecekan golongan darah gratis ini berlangsung di aula Kantor Desa Sioban. Kegiatan ini juga disupport oleh Puskesmas Sioban sebagai Markas PMI Kecamatan Sipora Selatan dan masyarakat antusias mengikuti proses pemeriksaan golongan darah, pada Senin (20/11/2023).

Read More

Ketua PMI Kabupaten Kepulauan Mentawai Hendri Dori Satoko menyebutkan, pengecekan golongan darah gratis ini untuk memudahkan layanan darah di saat pasien membutuhkan darah.

“Untuk di Mentawai kita hanya menyediakan donor hidup apa bilah ada yang membutuhkan darah. Dikarenakan PMI saat ini belum memiliki tempat penyimpanan darah yang belum memadahi”, ujar Ketua PMI.

Dikatakannya, sewaktu waktu masyarakat yang sudah di check golongan darahnya akan dibutuhkan, dan akan kita hubungi untuk melakukan donor darah yang sesuai dengan golongan darah yang dibutuhkan pasien.

Diungkapkan Ketua PMI, terkadang PMI dan Rumah Sakit sulit mendapatkan donor hidup. Maka dari itu perlu untuk lebih banyak bergerak pengecekan golongan darah gratis agar stok darah yang akan dibutuhkan dapat maksimal.

“Kita berharap kedepannya, layanan donor darah dan kebutuhan darah di Kabupaten Kepulauan Mentawai tidak lagi terkendala, dan masyarakat mau menolong dan mendonorkan darahnya”, harap Ketua PMI.

Lewat mendonorkan darah, dengan harapan bisa membantu orang yang benar-benar membutuhkan darah disaat di perlukan, ucap Hendri.

Ia juga mengatakan, sekecil apapun kontribusi yang diberikan dalam membantu sesama pasti akan berarti dan bermanfaat bagi jiwa manusia yang membutuhkan.

Dalam hal ini, kesadaran masyarakat akan pentingnya donor darah harus dimulai dari sekarang, mengingat kebutuhan darah yang dibutuhkan pasien di RSUD Kabupaten Kepulauan Mentawai semakin mendesak, dan lebih banyak, tutupnya. (Tirman)


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts