Tanam 6000 Bibit Buah, Pj Bupati Mentawai: Menanam Gampang Merawatnya Sulit Maka ini Harus Berhasil Tumbuh dan Berbuah

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, MENTAWAI – Pj. Bupati Kepulauan Mentawai Fernando Jongguran Simanjuntak menghadiri kegiatan Penanaman 6000 pohon Bibit unggul Durian, Alpukat dan Mangga secara simbolis di Desa Bukit Pamewa SP 3 Kecamatan Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai Sumatera Barat. Senin (29/04/2024)

Penanaman bibit melalui program pemerintah untuk peningkatan pertanian di Kepulauan Mentawai ini dengan memprogramkan penanaman bibit durian dan Alpukat dan Mangga dengan jumlah 6000 batang yang tersebar dienam Desa Kecamatan Sipora Utara.

Read More

Penanaman secara simbolis dilakukan oleh Pj Bupati Mentawai beserta jajaran Unsur Forkopimda dan Kepala Dinas serta Kepala Desa, Sekdes dan Penyuluh. Giat penanaman juga turut didampingi oleh pihak Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Agam Kuantan Provinsi Sumatra Barat sebagai pemberi bantuan bibit tanaman buah untuk masyarakat Kepulauan Mentawai.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Mentawai berharap bantuan yang diserahkan itu harus benar ditanam dan dirawat oleh masyarakat sehingga 5 tahun kedepannya, Mentawai masuk sebagai penghasil buah, seperti daerah lain.

“Bibit gratis yang berjumlah 6000 batang terdiri dari tiga jenis tanaman buah yakni Durian, Alpukat dan Mangga harus ditanam dan dirawat tidak dibiarkan begitu saja”, ujar Pj Bupati.

“Menanam gampang, tapi perawatannya butuh keuletan dan ketekunan untuk memelihara sehingga bibit ini tumbuh dan menghasilkan buah yang baik”, tambah Fernando.

Pj Bupati Mentawai menambahkan, untuk bibit yang ditanam ini harus benar benar berhasil, manfaatkan teknologi yang ada agar ini bisa menghasilkan buah. Kalau butuh pupuk segera lakukan. Dan ini juga harus ada bukti keseriusan kita agar bibit ini dapat berkesinambungan. Jangan nanti orang balai yang memberikan bibit kapok dan tidak mau memberikan bibit pada tahap berikutnya, tutur Pj Bupati.

“Yang ada harus dimanfaatkan dan ditanam baik tumbuh subur melalui perawatan yang maksimal. Kalau ini tumbuh baik dan menghasilkan, pihak balai itu sendiri akan memberikan bibit yang lebih banyak lagi dan akan diberikan terhadap desa desa lain”, jelas PJ Bupati.

“Bibit yang ditanam, dirawat dengan baik, sehingga nantinya bisa berbuah dan menghasilkan pendapatan bagi warga setempat”, ujar Pj Bupati Mentawai. (Tirman)


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts