Bupati Suhatri Bur Sampaikan Nota Penjelasan LKPJ 2022

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, PARIAMAN – Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, didampingi Wakil Bupati Rahmang, mengikuti Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Padang Pariaman Masa Sidang I Tahun 2023 bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Padang Pariaman, Rabu, (26/4/2023).

Suhatri Bur mengungkapkan, penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) ini merupakan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evalusi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, yang menyatakan bahwasanya Kepala Daerah menyampaikan laporan keterangan pertanggungjawaban kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dalam rapat paripurna yang dilakukan satu kali dalam satu tahun. Kemajuan penyelenggaraan pemerintahan dan kinerja pembangunan yang telah dicapai selama tahun 2022.

Read More

Bupati menjelaskan, pada tahun 2022 lalu merupakan periode pasca pandemi Covid-19. Kondisi tersebut mempengaruhi target dan pencapaian pembangunan yang telah ditetapkan. Dengan demikian, pada tahun 2022 dilakukan banyak penyesuaian di berbagai kebijakan maupun program pembangunan.

“Berdasarkan visi dan misi pembangunan daerah Kabupaten Padang Pariaman serta dengan memperhatikan isu-isu strategis daerah, maka strategi yang diterapkan dalam pembangunan adalah strategi yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat sekaligus meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat ke arah yang lebih baik,” ungkapnya.

Suhatri Bur menjelaskan, pada 2022 APBD Kabupaten Padang Pariaman ditetapkan sebesar Rp1,3 triliun lebih.

“Alhamdulilah realisasi pendapatan tahun 2022 sebesar Rp1,3 triliun lebih, dengan kata lain realisasi capaian target pendapatan kita pada tahun 2022 sebesar 97,96 persen,” ucapnya.

Suhatri Bur juga memaparkan, bahwasanya target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Padang Pariaman tahun 2022 ditetapkan sebesar Rp125,9 miliar lebih dengan realisasi sebesar Rp126,2 miliar lebih. Dengan kata lain, realisasi capaian target PAD Kabupaten Padang Pariaman pada tahun 2022 sebesar 100,20 persen.

“Semoga Nota Penjelasan yang disampaikan ini dapat dibahas pada tahapan pembahasan berikutnya. Mungkin Nota yang disampaikan belum memuat secara detail pencapaian setiap kegiatan yang dilaksanakan pada 2022 lalu, Namun, pembahasan yang lebih rinci dan mendalam akan dilaksanakan pada tahapan pembahasan berikutnya,” sebutnya.

Diketahui, pembahasan LKPJ Kabupaten Padang Pariaman ini akan dibahas secara marathon selama tiga hari berturut turut, dengan mengagendakan penyampaian Nota penjelasan pada Rabu (26/4), penyampaian Pandangan Umum Fraksi pada Kamis (27/4), dan agenda jawaban eksekutif terhadap pandangan umum fraksi pada Jum’at (28/4).

Rapat paripurna ini turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Rudy R. Rilis, Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Padang Pariaman, serta Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Padang Pariaman. (IKP Diskominfo).


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts