Chek Lokasi, Jajaran Kodim 0319 Mentawai Tanam 1.500 Mangrove di Kawasan Pantai Desa Goisooinan

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, MENTAWAI – Sebagai Perwira Aparat Teritorial Plh. Pasiter Kodim 0319/Mentawai Letda Inf James Sibarani beserta lakukan kunjungan di Pemerintahan Desa Goisooinan.

Kunjungan tersebut untuk melakukan peninjauan titik lokasi penanaman 1.500 bibit Mangrove yang akan dilaksanakan di Dusun Atduru Desa Goisooinan Kecamatan Sipora Utara Mentawai.

Read More

Melalui konfirmasi, Dandim 0319/Mentawai Letkol Inf Suirwan S.I.P membenarkan, bahwa pada saat ini anggota Kodim telah melaksanakan peninjauan lahan bersama unsur Pemerintahan desa.

Terkait dalam rangka penanaman pohon mangrove yang akan dilaksanakan pada hari Rabu 15 Maret 2023 secara serentak di seluruh pesisir pantai NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

“Kawasan Dusun Atduru Desa Goisooinan menjadi pilihan dalam penanaman Pohon Mangrove. Karena mengalami abrasi parah akibat hempasan ombak”, terang Dandim, Rabu (22/02/2023).

Lebih lanjut Dandim menjelaskan, abrasi pantai terjadi dibeberapa wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai. Maka dari itu demi mencegah abrasi paling parah kita melaksanakan penanaman serentak.

Pohon Manggrove yang ditanam sepanjang bibir pantai nantinya akan mengurangi abrasi hebat dan juga untuk melestarikan ekosistem pantai.

Diketahui, hutan Mangrove memiliki beberapa keistimewaan dalam berbagai hal baik dari aspek fisik ekologi maupun ekonomi, dan dapat dimanfaatkan sebagai kerajinan tangan serta bahan baku bahan bangunan.

“Dengan penanaman pohon mangrove dengan skala besar dapat mengurangi bencana alam baik abrasi maupun gelombang tsunami”, ujar Dandim.

Dia mengatakan, masyarakat harus terlibat secara langsung dalam upaya upaya pengurangan risiko bencana tsunami yang salah satunya adalah penanaman Mangrove itu sendiri, tutup Dandim. (Tirman/Pendim)


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts