Encon Datuak, Tokoh Sarat Pengalaman Ikut Berkompetisi Membangun Nagari Mungo

  • Whatsapp
Encon Deydi Nazmar Dt Marajo Bosa Nan Panjang, bakal calon wali nagari Mungo, Keamatan Luak, ketika menyerahkan berkas pendaftaran pencalonan. (Foto: Ist)

MINANGKABAUNEWS.COM, LIMAPULUH KOTA – Sarat akan pengalaman dan berkompetensi di bidang pemerintahan membuat, Encon Deydi Nazmar Dt Marajo Bosa Nan Panjang, merasa yakin ikut berkompetisi maju sebagai bakal calon wali Nagari Mungo, Kecamatan Luak.

Dia kini tercatat sebagai bakal calon wali nagari Mungo, setelah berkas persyaratan administrasinya dinyatakan lengkap oleh panitia pemilihan di nagari setempat. Dalam seleksi tambahan (tes tertulis) yang digelar Kamis (27/4), Encon Datuak – sapaan akrabnya, memperoleh predikat nilai tertinggi dengan nilai 34 poin dibanding Balon lain.

Read More

Sarjana pertanian alumnus kampus Politeknik Negeri Pertanian Payakumbuh itu, dipastikan lolos masuk 5 besar sebagai Balon wali nagari Mungo, setelah dikerucutkan dari sebelumnya 8 bakal calon yang mendaftar.

“Alhamdulillah, saya lolos dalam seleksi tambahan kemarin. Mudah-mudahan niat baik dan visi mewujudkan masyarakat Nagari Mungo yang sejahtera, bermartabat, mandiri yang berlandaskan adat basandi syarak, syarak basandi Kitablullah bisa benar-benar terealisasi,” ungkap Encon Datuak, kepada wartawan Jumat (29/4).

Berbekal dukungan masyarakat serta pengalaman yang ia miliki, Encon Datuak mengaku sangat optimis mampu meraup suara masyarakat Mungo pada pemilihan 25 Mei 2022 mendatang. Sebab, ia selama ini banyak berkecimpung sebagai penyelenggara Pemilu dan Pilkada di tingkat kecamatan sejak 2009 hingga 2020.

Pada Pemilu (Pileg/Pilres) dan Pilkada 2009-2014 lalu, ia tercatat pernah menjabat Ketua PPK Kecamatan Luak selama dua periode. Kemudian, pada Pemilu (Pileg/Pilres) dan Pilkada rentang waktu 2019-2020, Encon juga pernah menjabat Ketua dan Anggota Panwascam Luak.

Selain itu, Encon juga terbilang aktif di masyarakat tempat tinggalnya sebagai pengurus dan pembina kelompok petanian dan perikanan. “Adanya dukungan dan dengan jaringan yang saya miliki, jika nanti diberi amanah menjadi wali nagari, saya telah menyiapkan sejumlah program jitu guna mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Mungo,” ujarnya.

Jika nanti diberi kepercayaan oleh masyarakat Mungo, dirinya mengaku bertekad bakal mengabdikan diri bekerja sepenuh hati, memperhatikan serta mengurusi segala kebutuhan masyarakat. “Khususnya masyarakat petani dan masyarakat adat karena saya berasal dari unsur tersebut. Mohon doa dan dukungan kita semua,” sebut Encon Datuak.

Adapun yang menjadi sasaran membangun nagari yang digeber Encon Deydi Nazmar, dikatakan, sudah ia tuangkan ke dalam visi-misinya yang diterima oleh media ini. Misi yang diusung sang kandidat antara lain:

1. Mewujudkan Pemerintahan yang Kuat, Profesional dan Transparan.
2. Meningkatkan SDM Masyarakat Melalui Pembinaan dan Pemberdayaan.
3. Mewujudkan Kehidupan Masyarakat yang Harmonis, Aman dan Teratur
4. Memberdayakan Semua Potensi yang Ada di Masyarakat.
5. Menjaga Budaya Adat dalam Kehidupan Masyarakat.
6. Menciptakan Masyarakat yang Berpolitik Cerdas, dan Bertanggung Jawab.
7. Menjalin Koordinasi yang Baik dengan Lembaga/Instansi Pemerintah yang Ada dalam Wilayah Nagari Mungo. (akg)

Related posts