Perangkat Full Self Driving Mobil Listrik Tesla Harganya Selangit!

  • Whatsapp
Mobil Tesla (Foto: Dok. Istimewa)

MINANGKABAUNEWS.COM, TECHNO — Pengemudi mobil Tesla harus merogoh kocek lebih dalam mulai 2022, karena perusahaan otomotif ini berencana menaikkan harga layanan premium “Full Self-Driving” per Januari tahun ini.

Rencana tersebut disampaikan langsung CEO Tesla Elon Musk melalui akun Twitter pribadinya, Sabtu (8/1/2022). Dalam cuitannya, Elon Musk menyebut harga paket bantuan pengemudi premium itu akan naik dari US$10 ribu menjadi US$12 ribu per 17 Januari 2022.

Kenaikan harga ini hanya berlaku bagi pelanggan di Amerika Serikat. Akan tetapi, Elon Musk berkata tarif berlangganan layanan FSD Tesla akan naik setelah produk ini dipasarkan secara lebih luas.

“Harga FSD Tesla naik hingga US$12 ribu per 17 Januari. Harga berlangganan bulanan akan naik ketika dirilis secara luas,” cuit Elon Musk.

Mengutip CNBC Internasional, hingga kini Tesla belum pernah membuka data terkait laporan pendapatan dan berapa jumlah pelanggan yang membayar FSD di muka atau berlangganan produk ini. Karena itu, kenaikan harga ini belum diketahui akan seberapa besar dampaknya terhadap pendapatan perusahaan ke depannya.

Saat ini, pengemudi tesla bisa menggunakan FSD atau fitur bantuan pengemudi standar. Fitur standar yang disediakan Tesla dipasarkan dalam bentuk Autopilot dan hadir di semua jenis kendaraan baru (Model S, X, Y dan 3).

Fungsi autopilot membuat kendaraan bisa mengerem darurat otomatis, memberi peringatan tabrakan ke depan, melakukan pemeliharaan jalur dan kontrol jelajah adaptif sesuai dengan kecepatan mobil dan kondisi lalu lintas di sekitar.

Berbeda dengan fitur standar, FSD adalah paket premium yang mencakup fungsi Autopilot dan fitur yang lebih canggih seperti perubahan jalur otomatis, pengenalan lampu berhenti, dan “panggilan cerdas.” Fitur terakhir ini memungkinkan pengemudi memanggil mobil dari tempat parkir untuk menjemput mereka menggunakan ponsel cerdas dan aplikasi Tesla.

Tesla juga sedang mengembangkan FSD Beta yang berisi fitur-fitur lebih canggih. Elon Musk mengatakan dalam sebuah twit pada Jumat (7/1) bahwa rilis 10.9 baru untuk FSD Beta hampir selesai. FSD Beta bisa digunakan hanya oleh pengemudi yang berlangganan FSD dan menerima skor tinggi pada penilaian keamanan dari perusahaan.

Pada FSD Beta, pengemudi bisa menikmati fitur auto kemudi di jalan-jalan kota. Ini memungkinkan pengemudi berjalan tanpa harus menyetir sendiri, melainkan dibantu oleh sistem otomatis.

Saat ini, Tesla menyebut teknologinya telah memasuki “level 2”. Sistem Level 2 dapat meningkatkan keselamatan atau memberikan bantuan kepada pengemudi, tetapi tidak mampu membuat kendaraan berjalan otomatis.

Related posts