WHO Beri Info Baru Cacar Monyet, ‘Bahaya’ di Kelompok Ini

  • Whatsapp
Penyakit Cacar Monyet (Foto: Dok. Istimewa)

MINANGKABAUNEWS.COM, INTERNATIONAL – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan pernyataan terbaru soal penyakit cacar monyet (monekypox). Saat ini tingkat penularan penyakit berada di kategori “risiko sedang”.

Hal tersebut akibat penyebaran kasus di negara-negara non-endemi. Cacar monyet sendiri endemi di Afrika namun kini menyebar di Eropa, Amerika Utara, bahkan Australia.

Read More

Namun, tegas WHO risiko bisa berubah menjadi tingi. Ini apalagi jika mengenai kelompok seperti anak-anak atau orang dengan gangguan kekebalan.

“Risiko kesehatan masyarakat bisa menjadi tinggi jika virus ini memanfaatkan peluang untuk menetapkan dirinya sebagai patogen manusia dan menyebar ke kelompok yang berisiko lebih tinggi terkena penyakit parah seperti anak kecil dan orang yang mengalami gangguan kekebalan,” tegas lembaga PBB itu, dikutip Reuters, Senin (30/5/2022).

Hingga 26 Mei, ada total 257 kasus yang dikonfirmasi dengan 120 suspek, di 23 negara non endemi. Belum ada kematian dilaporkan.

Monkeypox biasanya menyebar melalui kontak dekat. Mereka yang terinfeksi disarankan mengisolasi diri dan menjaga kebersihan.

Related posts