Nofri Edison: Kontes Dughen Sungayang, Ajang Promosi dan Upaya Branding

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, TANAH DATAR- Hal tersebut disampaikan oleh Wali Nagari Sungayang, Nofri Edison, Spd.I pada acara kontes dughen ( durian) Sungayang yang diadakan di aula nagari Sungayang, Rabu 12/10/2022.

Kecamatan Sungayang, khususnya nagari Sungayang dari dulu dikenal sebagai penghasil durian dengan kualitas terbaik dan berlimpah, namun sampai saat ini belum di-branding (diberikan merk/dipantenkan). Inilah yang mendorong diadakannya kontes Dughen (Durian) Sungayang.

Read More

Selain sebagai ajang promosi dan branding, kontes durian ini juga bertujuan melahirkan inovasi-inovasi baru produk makanan dasar durian. Amat jika dalam panen raya seperti tahun ini buah durian dijual dengan harga rendah. Padahal jika diolah lebih lanjut, durian bisa diolah lebih lanjut macam produk makanan yang tentu saja bisa mendongkrak perekonomian masyarakat ” ujar Nofri.

Senada dengan Nofri Edison, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Datar Sri Mulyani mengapresiasi kegiatan ini dilihat dari ketinggian animo masyarakat dan peserta kontes sebanyak 32 orang dengan berbagai jenis durian. Kegiatan ini diharapkan mampu menggali potensi khas Sungayang yaitu Durian.

“Tidak hanya diakui kelezatannya, Durian Sungayang diharapkan juga mendapatkan merek dengan sertifikasi yang diakui secara resmi” ujar Sri.

Tim juri yang diketuai oleh Kuswandi, SP, M.Si dari Balai Penelitian Buah Tropika Sumatera Barat menambahkan ada tiga kategori Durian yang dilombakan: Durian Jumbo, Durian berdaging putih ter-enak dan juga jenis durian berdaging kuning ter-enak.

Dari kategori ketiga tersebut, yang menjadi titik penilaian daging adalah: bentuk buah, ukuran buah, rasa, aroma dan tektsur serta ketebalan daging durian. Dan untuk ,lebih lanjut akan dilakukan di pohon durian tumbuh ” ungkap Kuswandi.

Ikut hadir pada kegiatan ini, Camat Sungayang Reni Susanti, Forkopimca , Tokoh masyarakat , serta para pecinta buah durian dari berbagai nagari di Tanah Datar. (Mi)

Related posts