Abrasi Hebat, Air Laut Masuk di Perkampungan, Puluhan Rumah Warga Dusun Pukarayat Terendam

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, MENTAWAI – Puluhan rumah warga Dusun Pukarayat Desa Tuapejat Kecamatan Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai terendam, akibat air laut masuk di area perkampungan warga setempat.

Kejadian ini, diakibatkan pasang naik air laut, ditambah dengan gulungan ombak yang cukup tinggi dua hari ini. Pasang naik terjadi pada pagi hari dan sore hari, sehingga air laut masuk di perkampungan, disertai terjangan deburan ombak sampai rumah warga.

Read More

“Saat pasang naik dan disertai ombak yang cukup tinggi, air laut sampai mengalir di perkampungan, sehingga puluhan rumah terendam air laut”, ujar Pejah warga setempat, Minggu (03/06/2022).

Kejadian ini sejak tadi pagi, hantaman ombak cukup hebat menerjang rumah warga yang paling dekat bibir pantai, sambung Pejah.

Dari pantauan Minangkabaunews.com dilapangan, hampir sepanjang bibir pantai di perkampungan warga mengalami rusak abrasi, hantaman ombak dan pasang naik air laut yang cukup tinggi membuat air laut mengalir deras di perkampungan warga.

Puluhan rumah warga terendam. Dan perahu nelayan yang berada dipinggir pantai hampir terbawa dan hancur akibat terjangan ombak. Beruntung warga setempat cepat melakukan tindakan untuk menaikkan perahu ke tempat yang lebih aman.

Sampai saat ini, warga yang rumahnya terendam air laut masih bertahan di rumah. Dan masih enggan untuk menempati rumah yang sudah ada ditempat relokasi yang aman. (Tirman)

Related posts