Pemko Bukittinggi Gelar Bimtek Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, BUKITTINGGI – Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar sosialisasi dan bimtek pengelolaan pengaduan pelayanan publik secara elektronik.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Wali Kota Bukittinggi ini, dilaksanakan selama dua hari, dimulai dari 27 hingga 28 Juli 2022 bertempat di Balcon Hotel.

Read More

Kepala Dinas Kominfo Kota Bukittinggi Erwin Umar mengatakan, Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) yang mengunakan platfrom nasional aplikasi LAPOR (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) diharapkan memudahkan masyarakat untuk menyampaikan pengaduan.

“Kita berharap dengan adanya sosialisasi dan bimtek sebagai Tim Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik, nantinya dapat melakukan tindak lanjut pengaduan dan laporan di instansi masing-masing.

Bagi warga yang ada komplain silakan laporkan melalui www.bukittinggikota.lapor.go.id

Sementara itu Wali Kota Bukittinggi Erman Safar menyampaikan, SP4 LAPOR diharapkan menjadi satu penyampaian pengaduan yang dapat dimanfaatkan masyarakat dalam menyampaikan aspirasi, informasi dan pengaduan terhadap pelayanan publik. Ini dimaksudkan dengan tujuan agar pengaduan tersebut dapat ditindaklanjuti secara profesional oleh Pemko Bukittinggi.

“Ini mesti kita sosialisasikan kepada masyarakat dan digunakan sesegera mungkin, terutama OPD yang memberikan layanan masyarakat. Masalah komplen merupakan hal yang wajar dalam setiap pelayanan,” ucap Erman.

Erman sebut, dengan aplikasi ini tentunya, setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait akan dapat menindaklanjuti langsung pengaduan masyarakat.

“Kami akan pantau langsung nanti,” sebutnya.

Dalam bimtek ini peserta diberikan materi oleh narasumber dari Direktorat Pelayanan Publik Kemenpan-RB Rosikin dan Ketua Ombudsman Perwakilan Sumatra Barat Yefri Heriani.

Bagi warga yang ada komplain, silakan laporkan melalui www.bukittinggikota.lapor.go.id

Related posts