Tengarai Persoalan Warga Binaan, Babinsa Koramil 03 Sipora Komsos Dengan Kadus Jati Tuapejat

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, MENTAWAI – Untuk mempererat tali silaturahmi dan kerja sama yang baik, Babinsa Koramil 03 Sipora Kodim 0319 Mentawai Sertu Osten Sinaga melaksanakan giat Komunikasi Sosial (Komsos) bersama Kepala Dusun Jati Desa Tuapejat, Minggu (30/01/2022).

Komsos Babinsa dengan masyarakat terkait adanya permasalahan sengketa lahan di rumah bapak Yesaya warga Desa Tuapejat Dusun Jati dengan Bapak Arkilaus yang mana kedua Keluarga ini masih ada hubungan saudara yang mana sebelumnya sudah bersengketa dan sudah diselesaikan di mediasi oleh Pemdes Desa Tuapejat, pada tahun 2020 lalu.

Read More

“Akan tetapi saat ini pihak Pak Arkilaus mengklaim sebagian lahan Bapak Yesaya merupakan miliknya, dimana Saudara Randes anak dari Pak Arkilaus mengancam Istri dari Pak Yesaya pada saat beraktifitas dilahannya”, ujar Babinsa Koramil 03 Sipora.

Dengan adanya kejadian tersebut Kepala Dusun Jati mohon pendampingan Babinsa dan Baminkamtibnas Desa Tuapejat dan bersama sama musyawarah Komsos dirumah Bapak Yesaya.

Dari hasil Komsos mendapat kesimpulan bahwa Senin 31 Januari Pemdes Desa Tuapejat didampingi Babinsa dan Babinkamtibnas serta kedua Belah Pihak akan turun Kelapangan untuk mengukur kembali sesuai data diberita acara penyelesaian sebelumnya dan akan memasang Patok Batas Lahan untuk menghindari kejadian yang sama dikemudian hari.

Dikatakan Babinsa, hal yang dilakukan secara rutin dan berkesinambungan itu dalam rangka mendukung tugas pokok Babinsa serta terwujudnya sinergitas dan komunikasi dua arah.

Demi menjaga hubungan yang harmonis antara Babinsa dengan Kepala Desa, Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan seluruh Komponen Masyarakat yang ada di wilayah Desa Binaannya, Babinsa secara rutin mendatangi dan berkomunikasi dengan tokoh-tokoh tersebut.

Pelaksanaan Komunikasi Sosial ini merupakan tugas rutin yang dilaksanakan Babinsa untuk mengetahui perkembangan Wilayah Binaan karena dari Babinsa tersebut akan bisa lebih mempererat hubungan antara TNI dan Masyarakat.

Dengan adanya Babinsa yang berkeliling di Desa Binaannya, maka Babinsa bisa tahu permasalahan di lapangan, sehingga kalau ada permasalahan cepat terselesaikan. (Tirman/Pendim)

Related posts