UKM Punya Peran Strategis Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – UKM (Usaha Kecil Mikro) punya peran strategis dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah. Peran UKM ini sangat menentukan dalam mendorong pergerakan ekonomi di Kota Solok.

UKM merupakan salah satu usaha yang mampu bertahan dari terpaan dan hantaman berbagai krisis yang melanda negeri kita. Pada saat pandemi COVID-19, semua usaha dan ritel besar pada kolaps. Sedangkan UKM terus berkembang dan berjalan tanpa terpengaruh oleh krisis dan pandemi.

Read More

Demikian kata Walikota Solok Zul Elfian Umar saat membuka pelatihan pengembangan usaha bagi UKM Kota Solok, Senin (7/11/2022), di Taufina Hotel Kelurahan Simpang Rumbio Kota Solok.

Karena itu, tutur Wako, UKM harus dibekali dengan pelatihan ekonomi dasar dan pembenahan demi pembenahan, agar menjadi UKM yang kuat dan siap untuk naik kelas, mandiri dan maju.

Sebagai usaha rakyat yang kuat bertahan pada tatanan ekonomi dasar, UKM harus mampu mandiri dan menjadi semacam wadah utama dalam pembinaan ekonomi masyarakat golongan bawah.

“Berdagang juga tidak lepas dari sistem dan pengelolaan UKM berbasis manajemen yang baik. Dengan manajemen yang baik dan rapi, UKM diharapkan dapat berkembang sesuai yang diinginkan. Pengelolaan administrasi yang baik mampu meningkatkan dan mengembangkan UKM” Kata Wako.

Wako juga menegaskan komitmenya dalam mendorong dan membantu penguatan UKM, termasuk perizinan dan perlindungan hukum dalam menjalankan dan mengembangkan usaha.

“UKM juga dituntut untuk berinovasi dan menghasilkan produk-produk yang berkualitas, sehingga produk UKM Kota Solok bisa diterima di Sumatera Barat, bahkan menguasai pasar di Sumbar” Katanya.

Related posts