UMKM Perlu Menguasai Manajemen Usaha

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – Dalam mendirikan sebuah usaha seperti UMKM, pelaku usaha harus menguasai manajemen usaha tersebut agar dalam perjalanannya bisa berkembang dan maju.

Tanpa manajemen, pelaku usaha akan kesulitan dalam menggerakkan dan mengembangkan usahanya tersebut. Dalam manajemen tersebut diperlukan skill atau ilmu yang mampu mempengaruhi setiap usaha atau bisnis yang digeluti oleh pelaku usaha atau bisnis.

Read More

Jika pelaku usaha atau bisnis sudah menguasai manajemen dan trick atau strategi dalam mengembangkan usahanya, dipastikan usaha yang sedang digeluti tersebut akan berkembang dengan baik. Tapi jika pelaku usaha atau pebisnis tidak menguasai manajemen dengan baik, maka bisa dipastikan usaha tersebut sulit berkembang bahkan mati.

Hal ini disampaikan Wakil Walikota Solok Ramadhani Kirana Putra saat membuka bimbingan tekhnis akses permodalan bagi UMKM, Kamis lalu (13/10/2022), di Mami Hotel Kota Solok.

Menurut Wawako, pengembangan usaha atau bisnis dari semua sektor tidak terlepas dengan adanya atau tersedianya modal usaha yang cukup. Baik dalam bentuk finansial, kemampuan manajemen, dan pengembangan sumber daya manusia, baik perorangan maupun kelompok.

“Bimbingan Tekhnis ini merupakan bentuk pemberian motivasi bagi pelaku usaha atau bisnis. Dalam sesi ini akan didapat pencerahan dan motivasi pada pelaku usaha yang bakal melahirkan ide-ide kreatif, yang bisa digunakan untuk mengembangkan usaha” kata Wawako.

Kemudian, pesan Wawako, pelaku usaha juga harus meningkatkan keunggulan produk agar bisa bersaing dengan produk lainya, dan tercipta iklim usaha yang kondusif.

“UMKM dan pelaku usaha harus selalu berbenah, meningkatkan efisiensi dalam proses usaha dan manajemen produksi, meningkatkan daya saing produk, serta menciptakan iklim usaha yang kondusif “pesanya.


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts