Wako Solok Zul Elfian Umar Akan Tindaklanjuti Pesan Presiden RI Jokowi

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – Walikota Solok, Zul Elfian Umar, ketika ditemui MinangkabauNews.com terkait Rakernas APEKSI XVII di Kota Balikpapan, di Balaikota Solok, Rabu (12/6/2024), menuturkan akan menindaklanjuti hasil Rakernas APEKSI XVII tersebut, terutama pesan yang disampaikan Presiden RI, Jokowi.

Dalam Rakernas APEKSI XVII tersebut, Presiden Republik Indonesia, Jokowi, menekankan pada pemerintah kota seluruh Indonesia untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan terhadap tatanan perkotaan pada tahun 2045.

Read More

Menurut Presiden, kata Wako, pada tahun 2045 perkotaan akan mengalami pertumbuhan penduduk yang cukup besar, dimana masyarakat di luar perkotaan akan berbondong-bondong untuk tinggal di kota.

Akibatnya, bakal terjadi peningkatan kriminalitas, peningkatan kebutuhan transportasi, munculnya kemacetan dimana-mana, naiknya angka pengangguran, naiknya inflasi, dan sulitnya akses sandang, pangan, dan papan.

“Hal ini jelas akan menambah beban bagi pemerintah kota seluruh Indonesia. Dengan bertambahnya penduduk kota, tingkat kriminal juga makin meningkat, kebutuhan pangan dan papan juga semakin besar dan sulit, dan lapangan pekerjaan makin susah. Karena itu, tantangan ini sudah disiapkan solusinya oleh pemerintah kota” Kata Wako Solok menyampaikan pesan Presiden RI, Jokowi.

Untuk hal ini, Wako memastikan akan membawanya ke dalam rapat koordinasi dengan OPD, terkait tantangan yang akan dihadapi oleh pemerintah kota pada tahun 2045.

“Kami akan segera melakukan rapat koordinasi dengan OPD terkait, apa saja yang mesti dilakukan menjelang meningkatnya pertumbuhan perkotaan di tahun 2045 nanti”.***

Related posts