Baznas Pasbar Salurkan Setengah Miliar Lebih Bantuan Pendidikan Pada 704 Siswa Berprestasi

  • Whatsapp

PASAMAN BARAT – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) bersama Pemkab Pasbar salurkan 517. 000.000; kepada 704 mustahik Siswa/siswi tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Berprestasi Se Kabupaten Pasbar, bertempat di Auditorium Kantor Bupati setempat pada Kamis (24/11/22).

Wakil Bupati Pasbar, H. Risnawanto, SE pada kesempatan tersebut mengatakan terimakasih kepada Baznas Pasbar dimana kegiatan ini sudah membantu pemerintah dalam hal memajukan pendidikan anak bangsa.

“Baznas hadir sangat membantu Pemda Pasbar, dalam hal pengentasan kemiskinan, pendidikan dan lain sebagainya. Saya berharap pada semua pihak agar menyiarkan dan kampanye zakat di Pasbar,” kata Risnawanto

Lanjut Wabup Risnawanto, pihaknya atas nama Pemda Pasbar mengajak semua pihak dalam hal mensukseskan program Pasbar Cerdas diperlukan kerjasama dan kolaborasi yang baik.

“Kepada para majelis guru juga komite sekolah mohon untuk tidak membuat kegiatan yang kurang positif yang mengakibatkan adanya iuran, yang menambah beban siswa dan orang tua murid,” harap Risnawanto.

Ketua Baznas, Muhajir, SH. MM penyaluran zakat ini merupakan kegiatan rutin dari Baznas Pasbar, tentunya semua ini dari hasil Bidang Pengumpulan zakat ASN Pasbar. Tentunya potensi zakat lainya masih banyak yang bisa dikembangkan tentunya dukungan penuh dari Pemkab, Kemenag Pasbar dan lembaga lainya.

“Alhamdulillah pada tahun 2022 ini sudah mulai terkumpul dari Non Asn, semisal dari Anggota Dprd Pasbar, para pelaku usaha dan lain sebagainya,” lanjutnya.

Lanjut Muhajir, disamping penyaluran melalui proposal yang masuk atau mustahik yang mengajukan ada hal lain yang tidak kalah pentingnya ialah mustahik yang berhak menerima namun tidak atau belum mengajukan.

Senda dengan itu, Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan zakat, Drs. H. Starmon mengatakan saat ini Baznas Pasbar memberikan bantuan kepada 704 beasiswa prestasi.

Beasiswa untuk tingkat SD 374 mustahik yakni Rp. 500. 000;/orang . sedangkan tingkat SMP sebanyak 330 mustahik masing-masing menerima Rp. 1.000.000;/orang.

Lanjut Starmon penyaluran ini akan tetap disalurkan sesuai dengan ketentuan jadwal yang disepakati, pada bulan Desember mendatang juga akan dilaksanakan penyaluran Beasiswa prestasi bagi Mahasiswa perguruan tinggi dalam dan luar daerah.

“Saat ini sedang dilakukan penjaringan bagi Mahasiswa yang berprestasi 44 orang yang kuliah dalam daerah Pasbar dan luar daerah 55 orang mustahik” tutup Starmon.

Turut hadir dalam pelaksanaan tersebut, unsur pimpinan Baznas dan staf, Kepala dinas pendidikan, pimpinan Bank Nagari Syariah, para guru serta undangan lainya. (Sofyan)

Related posts