Dinas Pariwisata Sumbar Terus perkuat peran masyarakat kembangkan Kemitraan Pariwisata

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.com, PADANG — Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar terus berupaya memperkuat peran dan partisipasi masyarakat dalam pengembangan kemitraan pariwisata sehingga dapat memberikan dampak yang besar terhadap peningkatan kunjungan wisatawan.

Kadis Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda mengatakan sumber daya manusia (SDM) merupakan faktor penting dalam peningkatan kualitas dan pengembangan satu destinasi.

Read More

“Ada tiga komponen penting dalam pengembangan satu destinasi, yakni atraksi, amenitas dan aksesibilitas atau yang bisa disebut 3A. Tapi, tiga komponen ini tidak akan bisa berarti kalau human resource-nya atau sumber daya manusia tidak diangkat kualitasnya atau ditingkatkan peranannya,” ucapnya usai Bimtek Sadar Wisata di Hotel Basko, Minggu, (2/7/2023).

“3 hal tersebut tidak bisa dilepaskan, meskipun masih ada beberapa hal yang perlu dilakukan perbaikan supaya wisatawan semakin tertarik berkunjung ke Sumbar,” katanya.

Lama tinggal wisatawan perlu terus ditingkatkan untukmemperbanyak belanja wisatawan yang pada akhirnya akanmendongkrak perekonomian masyarakat.
Kunjungan wisatawan selalu dikaitkan dengan lama tinggal (length of stay) wisatawan, yang tidak lain adalah durasi waktu lamanya wisatawan tinggal di suatu tempat.

“Sampai saat ini length of stay masih menjadi aspek penting dalam dunia pariwisata. Apabila length of stay wisatawan tinggi maka wisatawan cenderung menghabiskan lebih banyak uang untuk berbagai kebutuhan, seperti makanan dan minuman, akomodasi, transportasi, dan aktivitas di destinasi wisata,” Tuturnya

katanya Pariwisata telah lama diakui sebagai sektor ekonomi yang kuat dan berpengaruh dalam perekonomian. Makanya Pemprov Sumbar menjadikan pariwisata sebagai Progul. Pariwisata Paling cepat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Dia menambahkan ada pekerjaan rumah kita di pariwisata yakni hospitality dan kebersihan.

Kabid Pengembangan SDPE Dinpar Sumbar, Raymon mengatakan Bimtek Tekhnis Sadar wisata Pengembangan pariwisata peran serta keterlibatan penuh dari masyarakat

Acara digelar selama dua hari 2-3 Juli 2023 diikuti 90 pelaku pariwisata dari Kota Padang, Dharmasraya, Sijunjung dan Sawahlunto. Kegiatan ini dianggarkan dari dana pokok pikiran dari Anggota DPRD Sumbar, Leli Arni.

“Kita siapkan konsumsi dan penginapan serta diberikan sertifikat bagi para peserta bimtek,” Katanya

Anggota DPRD Sumbar, Leli Arni mengatakan para peserta bimtek diberikan pelatihan berbagai macam ilmu kemudian dikembangkan di daerah masing-masing.


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts