Gelar Bimtek Sadar Wisata angkatan keXXVI, Dinpar Sumbar Ungkap Pentingnya Prilaku Hospitality dan Kebersihan Akses Menuju Obyek Wisata

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.com, PADANG — Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat kembali melanjutkan kegiatan Bimbingan Tekhnis Sadar Wisata bagi 100 orang pelaku pariwisata di Kota Padang, Sumbar. Kali ini digelar di hotel Truntum Padang, Senin, (26/6/2023), kegiatan yang berfokus pada peningkatan peran serta masyarakat dalam kemitraan pariwisata.

Bimtek ini terselenggara atas inisiasi Wakil DPRD Sumbar, Indra Dt. Rajo Lelo. Bimtek ini sebagai bentuk nyata peran Dinas Pariwisata provinsi Sumbar dalam pengembangan kemitraan pariwisata.

Read More

Kepala dinas yang diwakili Kabid Pengembangan SDPE Dinpar Sumbar, Raymon mengatakan pariwisata tidak hanya kewajiban pemerintah saja, kemajuan pariwisata juga perlu peran serta aktif masyarakat. “Kegiatan bimtek ini berlangsung selama dua hari siang ini hingga besok siang,” imbuhnya.

Kegiatan ini dihadiri pelaku berjumlah 100 orang, besar potensi pariwista di ibukota Sumbar yang membutuhkan SDM yang berkualitas, maka inilah pentingnya Bimtek Sadar wisata.

“Ini adalah angkatan ke-26 dimana sudah 2600 sudah diberikan pemahaman akan pentingnya pariwisata, idealnya seluruh lapisan yang merasakan manfaat dari pariwisata harus berprilaku sadar wisata,” Tuturnya.

Wakil Ketua DPRD Sumbar,Indra Daruak Rajo Lelo mengatakan Kemajuan pariwisata daerah akan memberikan dampak kesejahteraan kepada masyarakat. Namun, kemajuan tersebut harus ditunjang oleh dukungan yang baik dari masyarakat.

“Dukungan masyarakat menjadi unsur penting dalam menentukan kemajuan pariwisata. Kalau masyarakat mendukung, pariwisata akan maju dan akan mendatangkan dampak kepada kesejahteraan masyarakat itu sendiri,” kata Indra.

Indra menambahkan, kemajuan pariwisata akan menggerakkan berbagai sektor perekonomian. Usaha Kecil dan Menengah (UKM) akan menggeliat, rumah makan dan restoran, usaha jasa dan sebagainya akan berkembang.

Untuk mencapai kemajuan pariwisata tersebut, ingatnya, masyarakat harus berpikir bagaimana wisatawan nyaman ketika berkunjung. Memberikan kesan baik kepada wisatawan dampaknya akan sangatluar biasa. Wisatawan memiliki keinginan untuk kembali dan menceritakan kesan baik yang didapat ketika berkunjung.

Para pelaku usaha yang berkaitan dengan pariwisata, lanjut Indra, sangat berperan penting dalam menciptakan suasana nyaman kepada pengunjung yang datang. Pelayanan yang ramah, harga – harga yang sesuai standar, menjaga kebersihan objek wisata menjadi faktor yang akan mendorong peningkatan kunjungan wisata.


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts