Inilah Orang Pertama yang Mengunggah Video di YouTube, Segini Kekayaannya, Ternyata Bukan Orang Sembarangan!

  • Whatsapp
Jawed Karim (Foto: Dok. Istimewa)

MINANGKABAUNEWS.COM, INTERNATIONAL – YouTube adalah salah satu platform berbagi video tertua dan terpopuler di dunia. Tapi tahukah kamu siapa pendiri dan orang pertama yang mengunggah video di YouTube?

Pendirinya adalah Jawed Karim, Chad Hurley, dan Stve Chan. Jawed Karim telah bergabung dengan YouTube sejak video pertama diunggah.

Read More

Tahukah Anda video pertama yang diunggah ke YouTube adalah “Me at the Zoo”. Video itu diunggah pada 23 April 2005 oleh Jawed Karim.

Teman SMA-nya, Yakov Lapitsky yang merekam video saat dia berdiri di depan kandang gajah Kebun Binatang San Diego, Amerika Serikat (AS). Saat ini, video dengan durasi 18 detik itu telah dilihat lebih dari 235 juta kali. Ternyata video tersebut adalah video iseng yang dia unggah untuk mengisi kekosongan platform YouTube.

Jawed Karim adalah insinyur perangkat lunak dan pengusaha dari Amerika Serikat (AS). Dia lahir dari pasangan Cristine (Jerman) dan Naimul Karim (Bangladesh) pada 28 Oktober 1979 di Merseburg, Jerman.

Ayahnya adalah peneliti Bangladesh yang bekerja di Minnesota Mining and Manufacturing Company. Sedangkan ibunya seorang ilmuwan Jerman yang bekerja sebagai Profesor Riset Biokimia di Universitas Minnesota.

Karim dibesarkan di Neuss, Jerman namun karena keluarganya mengalami xenofobia akhirnya mereka hijrah ke Saint Paul, Minnesota pada 1992. Dia lulus dari Saint Paul Central High School pada 1997, kemudian melanjutkan kuliah ke University of Illinois.

Saat masih kuliah, dia mendapatkan tawaran bekerja di PayPal. Di sana, Karim bertemu dengan Steve Chen dan Chad Hurley, dua pembuat YouTube lainnya. Para pendiri menyatakan, ketika memutuskan untuk meluncurkan YouTube, yang mereka pikirkan adalah versi video online dari situs kencan.

Namun itu tidak berjalan baik. Mereka akhirnya berubah pikiran dan mulai menerima semua jenis video.

Nama domain YouTube diaktifkan pada 14 Februari 2005. Pada Mei 2005, mereka meluncurkan situs beta YouTube setelah menerima dana 3,5 juta dolar AS dari Sequoia Capital. Setelah itu, banyak perusahaan yang ingin berinvestasi di YouTube.

Popularitas YouTube yang meningkat dan semakin diminati berakhir dengan keputusan google untuk membeli YouTube pada November 2006 senilai 1,65 miliar dolar AS.

Diketahui Jawed Karim yang saat itu menjabat co-founder YouTube memperoleh sebanyak 137.443 lembar saham dengan nilai total sebesar 64 juta dolar AS. Kekayaan bersih Karim saat ini sebesar 300 juta dolar AS atau setara Rp4,45 triliun.

Chad Hurley sebagai CEO YouTube mendapat 694.087 lembar saham plus 41.232. Nilai totalnya pada 2007 mencapai lebih dari 345 juta dolar AS. Sedangkan Steve Chen mendapatkan 625.366 lembar saham ditambah 68.721 trust. Nilai totalnya pada 2007 mencapai 326 juta dolar AS.

Related posts