Nagari Aia Gadang Gelar Musrembang RKP Tahun Anggaran 2023, yang Dibutuhkan Masyarakat Menjadi Skala Prioritas

  • Whatsapp
Musrenbang RKP Nagari Aia Gadang tahun anggaran 2023 di Aula Kantor Wali Nagari setempat, Kamis (01/12/22).

PARIWARA NAGARI AIA GADANG
PASAMAN BARAT – Pemerintah Nagari Aia Gadang , Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, menggelar musyawarah pembangunan nagari (Musrenbang) rencana kerja pemerintah (RKP) tahun anggaran 2023 di Aula Kantor Wali Nagari setempat, Kamis (01/12/22).

Kegaiatan tersebut dibuka lansung oleh Camat Pasaman Jon Endri, S.ST.Pi, didampingi Wali Nagari Aia Gadang Saiful, S.Pd dan Ketua Bamus Nagari Aia Gadang Saji serta dihadiri Sekna Aia Gadang Eka Putra, Anggota Bamus Bhabinsa, Tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Camat Pasaman Jon Endri, S.ST.Pi, dalam sambutannya menyampaikan, seluruh rangkaian proses pembanguan di nagari harus dijalankan sesuai tahapan dan regulasi yang ada. Dalam musrembang ini nantinya juga akan menampung semua aspirasi yang disampaikan masyarakat.

“Musrembang ini penting untuk dilaksanakan, karena inilah momen untuk masyarakat nagari untuk menyampaikan langsung usulan dan aspirasi kepada pemerintah. Kesempatan ini harus dimanfaatkan dengan baik, karena ini penting bagi masyarakat untuk kelanjutan pembangunan di nagari,” katanya.

Wali Nagari Aia Gadang, Saiful, S.Pd menyampaikan kegiatan ini dalam rangka menindak lanjuti ketentuan pada Permendagri Nomor 114 Tahun 2014 dan Permendes PDTT Nomor 21 Tahun 2017, dimana salah satu tahapan perencanaan desa adalah pelaksanaan musrenbang RKP Desa yang dilaksanakan paling lambat bulan September tahun sebelumnya.

“Dalam penyusunan RKP untuk tahun 2023 ini, pengusulannya kita utamakan untuk memprioritaskan kegiatan Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur, Pemberdayaan Kelompok Masyarakat, Pertanian dan Peternakan dan Kegiatan Keagamaan,” katanya.

Disampaikan, sebelum melaksanakan Musrenbang, Pemerintah Nagari juga sudah menggelar musyawarah di tingkat jorong dan nagari untuk menentukan program prioritas yang akan dilakukan.

“Musrembang ini sebagai momen untuk menampung aspirasi dari bawah, setelah musrembangnagari ini, nanti ada musrembang tingkat kecamatan, dan setelah di kecamatan akan digodok lagi di RKP kabupaten. Dengan ada kesempatan ini, mari kita pergunakan untuk mengajukan usulan sesuai kebutuhan kita di setiap kejorongan yang ada,” ujar Saiful.

Saiful juga menyampaikan, atas nama Pemerintah Nagari Aia Gadang, meminta dukungan dan masuakan kepada semua lapisan masyarakat Nagari Aia Gadang dalam hal menjalankan pembangunan di Nagari Aia Gadang yang lebih baik.

“Semua program prioritas yang ditetapkan perlu didukung dan kerjasama semua pihak, agar perealisasiannya nanti bisa berjalan maksimal. Untuk itu, Mari kita jadikan momen ini dalam mewujudkan program prioritas untuk masyarakat Nagari Aia Gadang,” harapnya.

Selain itu, juga diharapkan momen Musrembang ini mampu memberikan kontribusi untuk mendorong kemajuan nagari, serta menjawab segala persoalan yang ada.

“Beberapa kegiatan akan ditetapkan di RKP Nagari untuk dianggarkan melalui APB Nagari tahun 2023, kita mengharapkan kegiatan yang diusulkan benar-benar dibutuhkan masyarakat saat ini,” ujarnya.

Ia menyebutkan Pemerintah Nagari juga akan terus berupaya mengusulkan kegiatan yang menjadi skala prioritas yang dibutuhkan masyarakat.

“Harapan kami apa yang dirancang saat ini, Kecamatan dapat membawanya ke tingkat Kabupaten, semoga dapat direalisasikan pada tahun 2023 mendatang,” katanya. (EL)

Related posts