Naik Peringkat Jadi Kota Layak Anak, Wako Berkomitmen Lindungi Hak Anak

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – Kota Solok naik peringkat menjadi Kota layak anak. Kenaikan peringkat ini terjadi setelah Walikota Solok Zul Elfian Umar menerima penghargaan Kategori Nindya (Layak Anak) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Jumat (22/7/2022), di Golf Resort and Convention Center Hotel Novotel Bogor Jawa Barat.

Penyerahan penghargaaan tersebut digelar dalam acara Malam Penganugerahan Apresiasi Kabupaten dan Kota Layak Anak Tahun 2022.

Read More

Kota Layak Anak adalah kota yang mampu merencanakan, menetapkan, serta menjalankan seluruh program pembangunannya dengan berorientasi pada hak dan kewajiban anak. Hal ini dimaksudkan agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Kriteria anak disini adalah semua warga negara, sejak ia berada di dalam kandungan hingga usia 18 tahun. Kesemuanya sangat penting direncanakan, mengingat belum ada kota di Indonesia yang sudah mencerminkan konsep “Kota Layak Anak”.

Terkait perencanaan sebuah kota, diperlukan partisipasi dari anak-anak agar perencanaan konsep “Kota Layak Anak” dapat mengakomodasi kebutuhan anak dengan baik. Partisipasi anak dalam perencanaan kota telah berkembang menjadi semakin populer di kota-kota besar. Bahkan UNICEF menggalakkan promosi perencanaan kota dengan melibatkan anak-anak sebagai cara terbaik untuk membangun kota berkelanjutan.

Kabupaten/kota Layak Anak adalah Kabupaten/Kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak anak.

Related posts