Pastikan Satu Tiket Piala Dunia 2022, Polandia Bekuk Swedia 2-0

  • Whatsapp
Timnas Polandia saat taklukan Swedia.

MINANGKABAUNEWS.COM, BOLA — Timnas Polandia mengamankan satu tempat di Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Timnas Swedia dengan skor 2-0 pada final play-off Piala Dunia 2022 zona Eropa di Stadion Slaski, Chorzow, Polandia, Rabu (30/3/2022) dini hari WIB.

Dua gol kemenangan Polandia dicetak oleh eksekusi penalti Robert Lewandowski pada menit ke-50 serta tendangan Piotr Zieliski di menit ke-72.

Keberhasilan Polandia melaju ke putaran final Qatar 2022 itu membuat mereka untuk kesembilan kalinya tampil di ajang Piala Dunia setelah sebelumnya berpartisipasi pada edisi 1938, 1974, 1978, 1982, 1986, 2022, 2006 dan 2018.

Pada babak pertama, Polandia mampu menciptakan peluang terlebih dahulu melalui Robert Lewandowski ketika sundulannya masih menyamping dari gawang Swedia.

Swedia berbalik mengancam melalui upaya penyerang Real Sociedad Alexander Isak pada menit ke-13, tetapi tendangannya terlalu mudah untuk kiper Polandia Wojciech Szczesny.

Sepanjang babak pertama, kedua tim bermain terbuka dan saling melepaskan ancaman, namun hingga turun minum skor 0-0 bagi Polandia serta Swedia tetap bertahan.

Pada babak kedua, Swedia mengancam gawang Polandia terlebih dahulu, kali ini melalui upaya dari penyerang Tottenham Hotspur Dejan Kulusevski, namun tendangannya masih bisa diamankan oleh Szczesny.

Polandia memiliki peluang emas untuk unggul lebih dulu pada menit ke-48 setelah mendapatkan hadiah penalti ketika gelandang Swedia Jesper Karlstrom melakukan pelanggaran kepada Grzegorz Krychowiak di kotak terlarang.

Robert Lewandowski yang maju sebagai algojo sukses melaksanakan tugasnya dan membawa Polandia unggul 1-0 pada menit 50 setelah tendangannya salah dibaca oleh kiper Swedia Robin Olsen.

Unggul 1-0, Polandia semakin percaya diri dan mampu menambah keunggulan pada menit ke-72 ketika gelandang Napoli Piotr Zielinski mencetak gol setelah memanfaatkan kesalahan lini pertahanan Swedia.

Di sisa waktu babak kedua, Swedia melakukan beberapa perombakan, termasuk memasukkan penyerang gaek Zlatan Ibrahimovic pada menit ke-80, namun hingga peluit panjang berbunyi, skor 2-0 untuk keunggulan Polandia tetap bertahan.

Related posts