Pemkab Solok Selatan Gelar Sarantau Sasurambi Balimau

  • Whatsapp
Pembukaan ivent Sarantau Sasurambi Balimau di objek wisata Hot Water Boom
Pembukaan ivent Sarantau Sasurambi Balimau di objek wisata Hot Water Boom

MINANGKABAUNEWS.COM, SOLOK SELATAN – Pemkab Solok Selatan sukses menggelar event “SARANTAU SASURAMBI BALIMAU” yang bertempat di Kawasan Objek Wisata Hot Water Boom (HWB), Minggu (27/03/2022).

Even Ini merupakan salah satu upaya Pemkab dibawah kepemimpinan H Khairunas dan H Yulian Efi untuk menggeliatkan wisata Hot Water Boom (HWB) sekaligus peningkatan ekonomi masyarakat dan pemberdayaan UMKM.

Read More

Bupati Solok Selatan, H Khairunas dalam sambutannya, mengajak seluruh masyarakat untuk membeli barang-barang produk UMKM Solok Selatan.

“Kita harus berdayakan UMKM kita, dengan membeli barang-barang produksi UMKM Solok Selatan, atau produksi dalam negeri,” ujar Bupati.

Melalui event Sarantau Sasurambi Balimau ini, Pemkab mendorong untuk membangkitkan kembali gairah pariwisata sekaligus upaya peningkatkan ekonomi masyarakat, dan akan dijadikan even tahunan.

Untuk diketahui, penitia menyediakan kuliner gratis sebanyak 18 ribu porsi, sesuai dengan umur Kabupaten Solok Selatan yang sudah di usia 18 tahun. Kuliner tersebut disediakan oleh 200 pelaku UMKM binaan Dinas Perindagkop dan Dekranasda Solok Selatan.

“Kegiatan ini merupakan silaturrahmi Pemerintah Kabupaten Solok Selatan dengan masyarakat dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1443 H,” ungkap Sekdakab Syamsurizaldi selaku Ketua Pelaksana kegiatan.

Sementara itu, Ketua DPRD Solok Sekatan Zigo Rolanda, SE, MM dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini akan dijadikan agenda tahunan.

Sarantau Sasurambi Balimau diawali penampilan prosesi adat “maantaan limau” dari pihak keluarga mempelai wanita kepada keluarga mempelai laki laki oleh bundo kanduang dari Nagari Lubuk Gadang Kecamatan Sangir binaan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

Disamping menyediakan kuliner gratis, Pemkab juga menghadirkan penceramah, disampaikan oleh Bapak Khairul Abrar. Salah satu kajian yang disampaikan adalah terkait tujuan puasa. Dimana puasa adalah untuk mengembalikan fitrah manusia dan kembali ke jalan yang benar, latihan mengendalikan hawa nafsu, membangkitkan jiwa sosial, mengembalikan kepada ampunan Allah SWT.

Turut Hadir pada acara ini, Wabup H Yulian Efi, Kapolres AKBP Tedy Purnanto, Kajari Solsel Slamet Jaka Mulyana, Dandim 0309 Solok yang diwakili Danramil Sangir Kapten (Inf) Amriade, Wakil Ketua DPRD Armen Syahjohan beserta anggota DPRD, Kepala OPD, Camat, Wali Nagari, Tokoh Masyarakat, Alim Ulama dan Cadiak Pandai, ASN dan Masyarakat Solok Selatan. (rls)

 

Related posts