Pj Bupati Mentawai Lantik Ratusan Guru PPPK, Tugas dan Fungsi Semakin Berat

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, MENTAWAI – Pj Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai Fernando Jongguran Simanjuntak lantik 214 PPPK dan 124 pejabat fungsional guru dilingkungan Pemda setempat.

Ratusan pegawai yang dilantik oleh Pj Bupati Mentawai berlangsung di Aula Bappeda Mentawai, Senin (24/7/2023).

Read More

Dalam kesempatan itu, Fernando Jongguran Simanjuntak mengatakan, bahwa momen pelantikan ini merupakan salah satu ungkapan syukur pemerintah guru yang ada sudah sah menjadi PPPK dan fungsional di Pemkab Mentawai.

Seperti disampaikan Plt Kepala BKPSDM Mentawai, Arsenius bahwa pengangkatan PPPK guru ini patut disyukuri, dimana prosesnya dari 315 orang yang mendaftar yang lolos hanya 214 dan saat ini akan dilantik.

Pj Bupati Mentawai mengatakan, sesuai amanah Undang-undang nomor 5 tahun 2014 pasal 6, bahwa pegawai pemerintah itu hanya dua status yaitu ASN dan PPPK.

Kemudian kembali pada peraturan nomor 49 tahun 2018, dari aturan inilah mulai proses pengangkatan PPPK yang dilakukan di seluruh Indonesia.

“Kita beruntung, saya melihat di seluruh daerah bahwa yang prioritas itu, Guru dan Kesehatan, sehingga status sebelumnya honorer hijrah menjadi PPPK”, ujar Pj Bupati.

Ini jangan dianggap auto pilot, buktinya ada beberapa juga yang tidak lulus, ucapnya.

Tahun 2023 ini, jatah untuk Mentawai penerimaan PPPK ada sebanyak 334 formasi guru dan 501 formasi kesehatan.

Menurut Pj Bupati, ini sangat cukup banyak dan yang sudah bergabung bisa lolos nantinya.

Pj Bupati menambahkan, bagi pegawai kontrak yang sudah mengabdi sekian lama juga tidak semerta-merta otomatis menjadi PPPK. Karena ada standar mutu seperti apa PPPK yang akan diangkat, ada syarat dan ketentuannya.

“Dalam hal ini PPPK guru, tentunya harus patut mengucap syukur. Karena yang lulus posisinya sudah berhasil diraih. Ketika dilantik masing masing harus beradaptasi dengan tugas dan fungsinya”, sebut Fernando.

Terkait dengan kesejahteraan PPPK juga sudah ada tunjangan termasuk sosialisasi Taspen artinya fasilitas bagi PPPK ini sudah cukup baik. Hanya tinggal bagaimana tugas dan fungsinya sebagai guru harus sebenar-benarnya diterapkan.

“Untuk menuju Indonesia emas tahun 2045 generasi Mentawai, khususnya anak-anak didik ada ditangan bapak dan ibu semuanya. Maka dengan tegas kita menyarankan kepada guru agar mempersiapkan generasi yang bisa bersaing dengan anak anak yang diluar Mentawai”, ucap Pj Bupati.

Siapkan mereka, jangan sampai saat menghadapi indonesia emas anak-anak tidak mampu bersaing, karena perubahan dinamika diluar sana sangat luar biasa.

Guru dalam hal ini, dituntut untuk lebih cerdas dan lebih inovatif demi mengantisipasi dampak-dampak negatif kepada anak-anak. Peran guru untuk menjadikan generasi yang luar biasa sangat diperlukan, imbuh Pj Bupati. (Tirman)


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts