Rp 5,1 Miliar Dana Untuk Peningkatan Jalan Simancuang

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, SOLOK SELATAN – Anggaran senilai lebih kurang Rp 5,1 Miliar akan dikucurkan tahun ini oleh Pemkab Solok Selatan untuk peningkatan jalan Simancuang, Nagari Alam Pauh Duo, Kabupaten Solok Selatan.

“Pemkab telah mengalokasikan dana senilai Rp 5,1 Miliar dari DAK dan DAU untuk memperbaiki jalan menuju Simancuang pada tahun 2022 ini,” ungkap Bupati Solok Selatan, Khairunas ketika berolahraga gowes (bersepeda) untuk menghadiri tradisi turun ke sawah, mambantai kabau nan gadang (memotong kerbau besar) di Simancuang Pauh Duo, Sabtu (28/5/2022).

Read More

Kedatangan Bupati Khairunas, bersama Wabup Yulian Efi, Ketua DPRD Zigo Rolanda, Kajari Slamet Jaka Mulyana, Wakapolres Kompol Yonnis Fendri, dan para peserta gowes dari OPD dan masyarakat tersebut tampak disambut hangat dan ditunggu-tunggu ratusan masyarakat Simancuang.

Khairunas menambahkan bahwa, jalan di ruas Simancuang tersebut akan terus dilanjutkan peningkatan jalannya.

Ia juga mendorong agar panen dapat dilakukan 2 kali dalam setahun, dan menginstruksikan Dinas Pertanian untuk membantu menyediakan pupuk untuk satu kali masa tanam nantinya.

Ketua DPRD Solok Selatan, Zigo Rolanda menyampaikan, apresiasinya atas inisiatif dan kekompakan warga dalam melaksanakan tradisi turun ka sawah tersebut.

Selaku DPRD, pihaknya akan terus mendukung upaya-upaya pembangunan yang dilakukan Pemkab, termasuk dalam mendorong berbagai pembangunan di Simancuang nantinya.

Sementara itu, Ketua panitia Edison mengatakan bahwa tradisi Mambantai Kabau Nan Gadang sebagai pertanda turun serentak ke sawah tersebut telah dilaksanakan sebanyak 60 kali.

Menurutnya, kegiatan yang dilakukan sekali dalam 8 bulan tersebut bertujuan untuk mengurangi serangan hama penyakit terhadap lahan persawahan masyarakat.

Edison juga menjelaskan bahwa, daerah Simancuang terkenal dengan wilayah dimana warganya mampu menjaga dan memanfaatkan hutannya secara baik.

Bahkan Kelompok Pengelola Hutan Nagari Simancuang menurutnya pernah meraih juara 1 Lomba Wana Lestari tahun 2016 yang diselenggarakan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Ia juga menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya atas kehadiran Bupati dan rombongan, serta berbagai bantuan yang diberikan kepada masyarakat di Simancuang.

Plt. Kadis PUPR Yolli Hirlandes Putra menambahkan bahwa anggaran senilai total Rp 5,1 Miliar tersebut, berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU) yang akan dipergunakan untuk pengaspalan jalan sejauh 1,7 Km dan pengerasan jalan sejauh 2,4 Km.

“Dan saat ini sedang dalam proses tender,” tutup Yolli. (rls)

Related posts