SDN 12 Cubadak Mentawai Pariaman Sebagai Salah Satu Sekolah Penggerak Menurut Kemendikbud RI

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM,Pariaman  — Sekolah Dasar Negeri (SDN ) 12 Cubadak Mentawai, Kecamatan Pariaman Timur merupakan salah satu dari empat SDN yang ditetapkan sebagai sekolah penggerak di Kota Pariaman oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

 

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikpora Kota Pariaman, Yurnal menyampaikan, tidak hanya SDN 12 Cubadak Mentawai, sekolah lainnya yang dinyatakan sebagai sekolah penggerak ialah SDN 23 Balai Naras, SDN 01 Kampung Jawa 1, SDN 19 Kampung Baru, TK Pembina dan SMPN 8 Pariaman.

 

Dikatakannya bahwa sekolah yang menyandang status sekolah penggerak akan mendapat pendampingan intensif selama tiga tahun ajaran, setelah itu sekolah melanjutkan upaya transformasi secara mandiri. Intervensi yang dilakukan mulai dari SDM sekolah, pembelajaran, perencanaan, digitalisasi, dan pendampingan pemerintah daerah.

 

Kata Yurnal, salah satu kriteria yang mengikuti program tersebut yaitu kepala sekolahnya memiliki sisa masa tugas 4 tahun. Disamping itu, dalam program sekolah penggerak tersebut ada dua paket, yaitu untuk kepala sekolah dan guru penggerak.

 

“Dalam arti lain, Sekolah Penggerak ini bisa dikatakan sebagai sekolah percontohan

 

Sementara itu, Kepala SDN 12 Cubadak Mentawai, Sumiarti mengatakan, Program Sekolah Penggerak merupakan program Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sebagai upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

 

“Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul yakni kepala sekolah dan guru ,” ujarnya, Kamis (27/1) sore.

 

Dikatakan Sumiarti, terkait lolosnya SDN 12 Cubadak Mentawai, awalnya ia tidak yakin karena banyak kesibukan sekolah.

 

“Alhamdulillah sekolah kami ditetapkan sebagai salah satu sekolah penggerak di Kota Pariaman. Syarat dan dokumen yang diminta dalam penilaian tersebut telah kita penuhi, dan kita sudah mengisi persyaratan tersebut di aplikasi Kemendikbud ,” jelasnya.

 

Kita bersyukur, ternyata dari banyaknya SDN di Kota Pariaman kita menjadi salah satu yang terbaik, ini merupakan suatu amanah yang besar bagi kami.

 

SDN 12 Cubadak Mentawai punya program Daurah Tahfidz Qur’an yang diadakan dua kali seminggu dan membuat Bank Sampah disekolah yang menghasilkan uang bagi siswa,” pungkasnya mengakhiri.


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts