Manfaatkan Waktu Luang, Anggota Kodim 0319 Mentawai Serka J Sianipar Budidaya Tanaman Jahe

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, MENTAWAI – Serka J Sianipar disela sela bertugas, lakukan budidaya jahe merah di perumahan Makodim 0319 Mentawai. Kegiatan Produktif dibidang pertanian yaitu penanaman Jahe Gajah dilakukan sebanyak 50 batang bibit dalam polibeg.

“Kegiatan ini sudah berjalan selama 20 hari mulai dari pengolahan tanah pemupukan dan sampai penanaman bibit Jahe Gajah”, ujar Serka J Sianipar, Kamis (30/06/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin. Jahe gajah sangat mudah ditanam dan menghasilkan keuntungan yang menggiurkan jika dijalankan sebagai bisnis, sambungnya.

“Dengan rasanya yang nikmat, mengonsumsi jahe gajah pastinya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan merawat kecantikan kulit”, ucapnya.

Bukan hanya rasa dan aromanya yang enak, tanaman bernama latin “Zingiber Officinal Rosc” ini memiliki manfaat untuk kesehatan. Mulai dari pereda nyeri, anti kanker, anti peradangan dan gangguan pernafasan bahkan dapat menghilangkan selulit karena meningkatkan produksi kolagen tubuh, sebutnya.

Jenis jahe gajah mudah dibudidayakan, bahkan dihalaman rumah sendiri. Dalam 1 kg bibit jahe bisa menghasilkan 25 kg jahe gajah dalam periode masa tanam sekitar 7-8 bulan.

Sebagai aparat teritorial dan sesuai petunjuk Komando atas Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Purmanto yang turun ke Dandim 0319 Mentawai Letkol Inf Febi Adrianto S.E M tr (Han), setiap prajurit Kodim 0319 Mentawai melakukan giat pemberdayaan.

Semoga dengan tanaman produktif menanam jahe yang saya lakukan ini yang nantinya saat panen dapat menambah penghasilan untuk diri sendiri dan menambah perekonomian keluarga sekaligus memotivasi masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong atau menanam tanaman yang bermanfaat seperti menanam jahe merah seperti yang saya lakukan, ucap J Sianipar (Tirman/Pendim)

Related posts