Pemkab Solok Selatan Gelar Audiensi Persiapan Pelaksanaan MTQ Nasional Tingkat Provinsi

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, SOLOK SELATAN – Dalam rangka persiapan menjadi tuan rumah MTQ Nasional Tingkat Provinsi Sumatera barat ke-XL Tahun 2023. Pemkab Solok Selatan adakan audiensi dengan Pemrpov dan Kemenag Sumbar yang bertempat di Aula Sarantau Sasurambi Kantor Bupati Solok Selatan, Rabu (16/02/2022).

Dalam acara tersebut, Bupati Solok Selatan, Khairunas menuturkan bahwa untuk menggelar sebuah even besar seperti ini ada banyak tahapan persiapan yang mesti dilakukan, salah satunya audiensi ini. Ia berharap dengan adanya kegiatan audiensi ini dapat menampung ide dan gagasan semua unsur terkait pelaksanaan MTQ demi mewujudkan kelancaran dan kualitas even tersebut.

Read More

Lebih lanjut, kepada seluruh OPD dan stakeholder yang ada untuk bekerjasama dalam menyukseskan perhelatan akbar ini. Selain itu, diharapkan Solok Selatan mampu mengukir prestasi dalam even ini nantinya.

“Kita harus lebih siap menjadi tuan rumah, mensukseskan pelaksanaan MTQ dan meraih prestasi tentunya,” katanya.

Untuk diketahui, Kabupaten Solok Selatan akan menjadi tuan rumah MTQ Nasional XL pada Tahun 2023, berdasarkan Keputusan Gubernur Sumatera Barat Nomor: 451-996-2021 tentang Penetapan Kabupaten Solok Selatan sebagai Tuan Rumah MTQ TK Sumatera Barat ke-XL Tahun 2023. Kepastian itu disampaikan saat penutupan MTQ Nasional XXXIX, di Mimbar Utama Lapangan Banca Laweh Padang Panjang pada 19 November tahun lalu.

Sementara itu, Kepala Biro Bina Mental Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Kabag Kesra, Dr. Elsandra Eka Putra, menceritakan bagaimana Solok Selatan dipercaya menjadi tuan rumah. Pada rapat awal, beberapa kabupaten telah mengajukan diri sebagai tua rumah, namun pada saat rapat finalisasi, hanya Kabupaten Solok Selatan yang langsung dihadiri Wakil Bupati H Yulian Efi, ini adalah penilaian tersendiri bagi pemrov.

Lebih lanjut, beliau mengatakan bahwa dalam pelaksanaan MTQ ke-XL di Solok Selatan, Pemerintah provinsi Sumatera Barat menyediakan anggaran Rp 7,5 Miliar. Persiapan awal ini, beberapa poin penting disampaikan antara lain apa saja yang harus dipersiapkan, seperti tim kerja, siapa saja yang akan menjadi panitia daerah, yang akan ditetapkan dalam SK Gubernur dan diterbitkan pada awal Tahun 2023.

Selain itu, penentuan lokasi pertandingan lomba juga sangat penting, harus memenuhi syarat tertentu serta hal lainnya seperti penyambutan tamu, baik tamu dari dari provinsi sumbar dan Nasional. (rls)

Related posts