Pengajian Ramadhan PP Muhammadiyah di Yogyakarta Resmi Ditutup, PWM Sumbar akan Masifkan Islam Berkemajuan di Ranah Minang

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.com, PADANG — Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Dr KH Haidar Nasir. M Si, menutup secara Pengajian Ramadhan PP Muhammadiyah di aula kampus UMY Sleman Yogyakarta, Jumat (24/3) hingga Ahad (26/3/2023).

Pengajian Ramadhan yang bertemakan Risalah Islam Berkemajuan Aktualisasi nya dalam Persyarikatan, umat dan bangsa.

Read More

Drs H Apris, MM, sekretaris PWM Sumbar yang turut menjadi peserta bersama Ketua PWM Sumbar Dr. Bakhtiar M Ag, serta bendahara M Najmi, wakil Ketua Ki Jalatri Tanjung, SH; MH MH, serta sekretaris MPK SDI PWM Sumbar Drs. Jon Misfar, M Pd. menjelaskan pengajian berjalan cukup bersemangat, serius walau peserta dalam keadaan berpuasa. Jumlah peserta semuanya lebih 350 orang berasal dari utusan 36 pimpinan wilayah Muhammadiyah se-Indonesia, dan dari PP Muhammadiyah, Majelis dan Lembaga Pusat, pimpinan Ortom tingkat pusat serta para Rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

Lebih lanjut Apris menjelaskan seluruh narasumber yang terjadwal dalam schedul hadir semuanya menyampaikan makalahnya sesuai dengan topik dan jadwal yang telah disusun penyelenggara, diantaranya topik pertama, Islam Berkemajuan dalam sejarah peradaban Islam di dunia , dengan nara sumber, Prof. Dr. Din Syamsuddin, Prof.Dr. Ahmad Jainuri, MA, Muarif, Spd i M Pd. Topik kedua, Islam Berkemajuan diantara Mazhab-Mazhab dalam Islam, dengan nara sumber Dr Agung Danarto, Dr. M. Saad Ibrahim, Dr. Adi Hidayat MA, topik ketiga Karakteristik Islam Berkemajuan, dengan nara sumber Prof. Dr. Syafig A Mughni, Dr Apt Salmah Orbaniyah, Prof. Dr. Syamsul Arifin. topik empat, Aktualisasi Islam Berkemajuan dalam Kehidupan Berbangsa, dengan nara sumber Prof Dr Muhajir Effendi, Prof Dr Hilman Latif dan Dr. Ulfa Mawardi M Pd.

Sementara itu, Ketua PW Muhammadiyah Sumbar Buya Dr. Bakhiar M Ag, menegaskan bahwa penyelenggaraan pengajian Ramadhan PP Muhammadiyah kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, terutamai unsur peserta dari berbagai wilayah banyak wajah2 baru dan masih muda-muda.

Mereka adalah para pimpinan wilayah Muhammadiyah terpilih hasil musywil dari seluruh wilayah di Indonesia yang diadakan pasca Muktamar Muhammadiyah ke-48 di Solo akhir bulan November 2022 lalu.

Lebih lanjut dikatakannya, dari aspek tema dan materi pengajian kali ini sangat penting dan substansial, karena keputusan Muktamar Solo, yaitu mengaktualisasikan Risalah Islam Berkemajuan sebagai bentuk pandangan hidup beragama Islam menurut Muhamadiyah di kalangan Persyarikatan, umat dan bangsa. Dan strategi kearah itu sudah dibahas dan disimpulkan dalam pengajian yang berlangsung 3 hari dua malam itu yang melibatkan hampir semua ulama, tokoh dan intelektual yang dimiliki Muhammadiyah.

Berkaitan dengan langkah selanjutnya untuk aktualisasi Risalah Islam Berkemajuan itu ditingkat Wilayah Sumatera Barat.

menurut Apris yang di dampingi oleh Ki Jalatri Tanjung dan Jon Misfar menjelaskan direncanakan di Minggu ke dua Ramadhan akan di adakan pula Pengajian Ramadhan Tingkat Wilayah yang akan diikuti para anggota PWM Sumbar, pimpinan Majelis dan Lembaga tingkat wllayah, pimpinan Ortom tingkat wilayah serta Pimpinan Daerah Muhammadiyah se Sumatra Barat yang jumlah diperkirakan 200 orang bertempat di aula gedung dakwah Muhammadiyah Sawahan no 62 Padang.

Untuk itu tambahnya, pimpinan Majelis Pendidikan Kader PWM Sumbar sudah menyusun jadwalnya dan segera mengirimkan surat undangan ke calon peserta terutam PDM seluruh Sumbar.

“Kita akan masifkan gerakan sosialisasi dan aktualisasi Risalah Islam Berkemajuan ini terutama dilingkan warga persyarikatan Muhammadiyah Sumba” pungkasnya mengakhiri.

Related posts