Sekretaris Satpol PP Padang Yefri, Membuka Secara Resmi Olahraga Aikido Di Mako Satpol PP Padang

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG–Sekretaris Satpol PP Kota Padang, Yefri yang didampingi Kepala Bidang Sumberdaya Aparatur Syafnion, bersama Kepala Seksi Pelatihan Dan Pengembangan Aparatur, Yudi Haries, membuka secara resmi olahraga Aikido di Mako Satpol PP, Jalan Tan Malaka Kota Padang. Senin (21/3/2022).

Sekretaris Satpol PP Kota Padang, Yefri mengatakan, Olahraga Aikido tersebut akan menjadi olahraga rutin anggota Satpol PP Kota Padang, yang akan di adakan setiap hari jam 09.00 Wib sampai dengan selesai dengan dua orang pelatih, Joni Mardianto dan Pinto Akbar.

Read More

Dijelaskan Yefri, Bagi yang awam pasti akan bertanya tentang olahraga Aikido itu apa? “Aikido itu adalah jenis bela diri tradisional dari Jepang yang sifatnya defensif (bertahan), tidak mengutamakan kekuatan otot, tetapi melatih kelenturan badan serta kecepatan gerak,”ujar Yefri.

Jadi, Aikido itu lebih ke bertahan daripada menyerang dibanding bela diri lainnya. Tapi jangan salah! Aikido itu dapat memanfaatkan counter (umpan balik) yang akan bisa menjatuhkan dan membuat lawan menyerah dalam sekejap.

“Aikido adalah jalan untuk membentuk kesatuan harmoni antara fisik, rohani dan pikiran,”katanya

Pola dasar gerakan Aikido adalah sirkular. Belajar Aikido adalah belajar tentang keseimbangan, mempelajari gerakan energi lawan, lalu membiarkan energi itu mengalir. Energi penyerang yang mengalir dalam bentuk apapun akan menimbulkan satu titik ketidakseimbangan.

Ketidakseimbangan itu diubah pada satu titik konvergensi. Praktisi Aikido hanya menggunakan badan untuk proses itu, tidak membendungnya. Semakin besar energi serangan, semakin besar pula counter (pembalikan) serangan itu akan berbalik pada penyerangnya.

“Jadi, jangan menggangap olahraga Aikido hanya untuk bertahan saja, sekali kita mengcounter dengan benar dan baik musuh bisa jatuh seketika. Tapi tenang saja Aikido itu mengutamakan cinta kasih dan kerukunan. Tidak akan membalas kalau tidak diserang duluan,”Jelasnya.

Related posts