Sepanjang 2023, Satu Juta Pengunjung Masuk Objek Wisata Berbayar di Bukittinggi

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.com, BUKITTINGGI – Kota Bukittinggi memang menjadi salah satu destinasi wisata utama bagi pengunjung yang datang ke Sumatra Barat (Sumbar). Terbukit, selama 2023, sebanyak 1.041.476 pengunjung masuk ke tiga objek wisata berbayar di Bukittinggi.

Untuk kunjungan nusantara atau wisatawan dalam negeri masuk ke objek wisata berbayar tercatat sebanyak 1.029.191 orang. Sedangkan sebanyak 12.285 pengunjung, merupakan wisatawan mancanegara.

Read More

Dirincikan, sebanyak 819.690 wisatawan lokal dan 1.261 wisatawan mancanegara masuk ke Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan (TMBSK), dengan menghasilkan pendapatan retribusi sebesar Rp19,5 miliar.

Kemudian objek wisata Taman Panorama Lobang Jepang, mencatat sebanyak 209.501 wisatawan lokal dan 11.024 wisatawan mancanegara, masuk selama 2023. Para pengunjung itu, menghasilkan pendapatan untuk Bukittinggi sebesar Rp3,1 miliar.

Wali Kota Bukittinggi Erman Safar, didampingi Kepala Dinas Pariwisata, Rofie Hendra mengatakan, sasaran Dinas Pariwisata Tahun 2023 dalam menjalankan misi Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi yaitu “Hebat dalam Sektor Kepariwisataan, Seni Budaya dan Olahraga”, meningkatnya pengelolaan destinasi pariwisata daerah dan meningkatnya perkembangan ekonomi kreatif daerah.

Dengan tingginya jumlah kunjungan wisatawan, tentu akan berdampak pada peningkatan ekonomi kreatif di Kota Bukittinggi melalui UMKM yang ada.

“Selama 2023 total pengunjung objek wisata berbayar di Bukittingi sebanyak 1.041.476 orang masuk ke objek wisata berbayar kita, TMSBK, Benteng Fort de Kock dan juga Taman Panorama Lobang Jepang,” kata Erman dalam keterangannya, baru-baru ini.

“Selama satu tahun itu, objek wisata berbayar kita itu, menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp22,7 miliar,” sambungnya. (IKP Diskominfo)

 


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts