BRILian Farm di Sirukam Kab. Solok Diresmikan Oleh YBM BRI dan DD Singgalang

  • Whatsapp
Foto Bersama YBM dan DD Singgalang Saat Peresmian BRILian Farm di Sirukam Kab. Solok, Sabtu (19/3/22)

MINANGKABAUNEWS.COM, KAB. SOLOK — Yayasan Baitul Maal (YBM) BRILiaN bersama Dompet Dhuafa melaunching BRILiaN Farm sebagai salah satu program kolaborasi pemberdayaan ekonomi mustahik di Jorong Kubang Nan Duo, Nagari Sirukam, Kec. Payung Sekaki, Kab. Solok, Sumatera Barat, Sabtu (19/3/2022).

Untuk kedepannya BRILiaN Farm di wilayah Solok ini akan fokus pada budidaya hewan ternak kaki empat, yaitu budidaya penggemukan sapi.
Peternakan ini adalah bentuk pemberdayaan dana zakat yang dikelola secara profesional dengan melibatkan mustahik sebagai salah satu pelaku usaha yang dipandu langsung oleh pengalaman berpengalaman dan ahli di bidangnya, pemberdayaan ini dikelola dengan Dompet Dhuafa sebagai pengelola.

Read More

Badan Pengurus YBM BRILian, Robi Priyadi mengatakan “Program ini hadir dalam bentuk kepedulian terhadap para mustahik di wilayah Solok ini.
Pemilihan jenis usaha ini berdasarkan potensi wilayah dan peluang pasar yang besar di Wilayah tersebut. Apa yang diinginkan hari raya kurban dimana permintaan sapi selalu meningkat signifikan.

Diharapkan melalui pemberdayaan inilah, dana dapat menjadi pengungkit bagi perekonomian mustahik.” ungkap Robi.

Program ini dilaksanakan dengan skema Social Entreprise Base dengan pendekatan Close Loop Model yakni sistem yang mencakup seluruh proses dari hulu hingga hilir yaitu mencakup penyediaan fasilitas produksi, peningkatan kapasitas, kemudahan akses pasar dan sumber dana sebagai modal dasar usaha.

BRILiaN Farm Solok adalah program kolaborasi ekonomi perdana antara YBM BRILiaN bersama Dompet Dhuafa dan akan tumbuh berkembang di banyak wilayah lainnya di Indonesia.

Saat ini BRILiaN Farm Solok telah memiliki 40 ekor sapi yang diharapkan dapat menjadi pasokan hewan kurban pada bulan Juni hingga Juli mendatang.

Dalam hal ini juga hadir Wakil Bupati Solok, Jon Firman Pandu, yang mana dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada YBM BRILiaN dan dompet dhuafa Singgalang atas program kolaborasi ini.
Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi masyarakat di Kab. Solok ini.

Jon juga menambahkan “Terpenting setelah ini, kita perlu melakukan pembinaan motifasi dan kolaborasi untuk kesejahteraan bersama,” ujar Jon.

Tri Udhi Kurniawan, General Manager dan Kemandirian Cabang Dompet Dhuafa juga menambahkan, nanti kita bisa bersama-sama mengamati bagaimana perkembangan 40 ekor sapi dari program kolaborasi YBH BRILiaN Farm dan Dompet Dhuafa Singgalang disertai dengan aset fisik bangunan ini, dan semoga program ini bisa membawa dampak yang baik bagi masyarakat, khususnya di Sirukam hingga keluar daerah Sirukam,” kata Udhi. (Mj)

Related posts