Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet usulkan 4 Nama Baru Bandara Rokot

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, MENTAWAI – Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet menyebut usulan penamaan Bandara Rokot harus Memakai ciri khas Mentawai dengan filosofi budaya Mentawai, hal ini diungkapkannya dalam kegiatan pembahasan lanjutan penamaan Bandar udara Rokot yang baru nantinya, yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Km 5 Tuapeijat, Rabu (16/03/2022).

Bupati menyebutkan, pemberian nama baru Bandara harus sesuai dengan filosofi dan budaya Mentawai yang nantinya akan menjadi corak ikon Mentawai.

Read More

Disebutkan Yudas, kita mencontohkan bandara bandara yang ada di Indonesia salah satunya naman Bandara di Bali dan kota kota lainnya.

“Saat kita mendarat di Bali, kita sudah merasa ada di Kota Bali, karena ikon dan nama Bandaranya sudah ternama dengan corak dan budayanya, termasuk nama Bandara yang ada di Padang yaitu Bandara Internasional Minangkabau (BIM)”, ujarnya.

Dalam kesempatan, Bupati Yudas Sabaggalet mengusulkan 4 nama Bandara yaitu Bandara Rimata Mentawai (BRM), Bandara Sikerei Mentawai (BSM), Bandara Pageta Sabbau Mentawai, dan Bandara Musara Kasimaeruk Mentawai.

Selain itu Wakil Bupati Mentawai Kortanius Sabeleakek juga mengusulkan dua nama bandara yaitu Bandara Pageta Sabbau Mentawai dan Bandara Tarsan Tasirileleu.

Sementara itu, melalui Zoom meeting, Mantan Wabup Mentawai Rijel Samaloisa mengusulkan nama Bandara Rokot yaitu Pageta Sabbau yang menjadi tokoh sejarah Mentawai dan Edison Saleleubaja adalah tokoh agama dan politik yang menjabat 2 periode sejak Kabupaten Kepulauan Mentawai terbentuk. Sementara Rinto Wardana mengusulkan Bandara Udara Mentawai (BUM).

Adapun, Dr Juniator Tulius juga mengusulkan pergantian nama yaitu Bandara Udara Mentawai (BUM). Dan Kepala Dinas Perhubungan Tohap Nababan mengusulkan dua nama baru, yaitu Bandara Mentawai Island (BMI) dan Bandara Rimata Mentawai (BRM).

Dan pihak Kecamatan Sipora Selatan mengusulkan tiga nama Bandara yang baru, yaitu Bandar udara Rokot Mentawai Indonesia, Bandar udara Rokot Bumi Sikerei, Bandar udara Rokot Tarsan Tasir Bumi Sikerei.

Beberapa pengusulan nama baru Bandara Rokot yang sudah diusulkan dari berbagai sumber akan dilanjutkan kepada pihak DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai untuk dirapatkan kembali, dan menunggu hasil putusan.

Berdasarkan peraturan Menteri Perhubungan nomor 39 tahun 2019 tentang tatanan kebandarudaraan nasional, penetapan nama bandara udara yang baru oleh kementerian perhubungan harus di usulkan oleh daerah yang merupakan kesepakatan bersama dari unsur atau pihak yang terkait baik masyarakat, lembaga non pemerintah maupun pemerintahan yang dipimpin oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai. (Tirman)

Related posts