Cerita Fanny Firgina Aura asal Kota Payakumbuh Pemuda Berprestasi Sumbar Tahun 2023 tentang Sosok yang Menginspirasi

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.com, PADANG– Salah seorang Pemuda berprestasi Sumatera Barat (Sumbar) Tahun 2023, Fanny Firgina Aura asal Kota Payakumbuh berbagi cerita tentang apa yang menjadi pembakar semangatnya hingga bisa meraih juara 1 pada lomba solo song musik kreatif yang diselenggarakan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI di Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah pada awal tahun lalu.

Ia mengaku, prestasi yang berhasil ia ukir tidak terlepas dari peran Gubernur Sumbar. Sebab, saat pembekalan menjelang dirinya dan kawan-kawan Pemuda Sumbar lainnya berangkat untuk berkompetisi pada tingkat nasional awal tahun lalu. Gubernur Mahyeldi memotivasi dengan kalimat yang membakar semangat.

“Pak Mahyeldi, pernah memotivasi kami dengan kalimat ‘Pemuda Minang itu adalah pelopor, dalam diri kita mengalir darah pejuang. Jangan takut untuk bersaing dengan pemuda daerah lain, Pemuda Minang pasti bisa’. Kalimat itu sangat menginspirasi saya, dan alhamdulillah akhirnya saya berhasil meraih juara 1 pada ajang tersebut,” ungkap Fanny.

Hal tersebut disampaikannya, saat dimintai keterangan usai menerima penghargaan dari Gubernur, sebagai Pemuda Berprestasi Sumbar Tahun 2023 dalam rangka peringatan hari Sumpah Pemuda Ke-95 Tingkat Provinsi Sumbar, di halaman Kantor Gubernur, Sabtu (28/10/2023).

Lebih lanjut Fanny berharap, akan semakin banyak Pemuda Sumbar yang berkontribusi dan mengharumkan nama daerah di tingkat nasional. Kemudian ia juga berpesan kepada seluruh anak muda Sumbar agar jangan takut bersaing dengan daerah lain.

Kepada pemerintah daerah ia berharap, meski pun saat ini pemerintah telah memberikan perhatian kalau bisa perhatian tersebut kedepan lebih ditingkatkan tidak hanya bagi yang berprestasi tapi juga bagi yang belum berprestasi.

Sebelumnya ketika menyampaikan amanat saat Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda. Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah telah mengajak seluruh generasi muda Sumbar untuk kembali mengukir sejarah sebagai daerah pencetak sebagian besar tokoh bangsa.

Menurut Mahyeldi hal tersebut sangat mungkin untuk direalisasikan, sebab berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU) 2023, sambung Mahyeldi, persentase jumlah pemilih muda Sumbar berada di angka 58,7 persen, itu berarti sebagian besar masyarakat Sumbar tengah berada dalam usia produktif.

“Dengan kekuatan demografi tersebut, kita optimis Sumbar akan kembali bisa melahirkan banyak tokoh bangsa, seperti pada awal masa kemerdekaan dahulu,” ucap Mahyeldi.

Mahyeldi menyadari, untuk mewujudkan harapan tersebut tentu tidak mudah, perlu kerja keras, perhatian besar, dan bimbingan yang berkelanjutan dari seluruh pemangku kepentingan yang saat ini bersatus sebagai pengambil kebijakan.

“Alqur’an telah mengajarkan kepada kita semua agar tidak meninggalkan generasi penerus dalam keadaan lemah, artinya tanggung jawab itu ada pada setiap kita, tidak hanya pada pemerintah,” pungkas Mahyeldi.

Untuk diketahui, pada peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95 Tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2023 ini, Gubernur menyerahkan penghargaan kepada 23 orang Pemuda Berprestasi Tahun 2023.

Adapun rincian jumlah orang dan bidang prestasi yang berhasil ditorehkan 23 Pemuda Sumbar tersebut antara lain, Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sebanyak 5 orang, Bidang Kreatif sebanyak 5 orang, dan Bidang Produksi Video sebanyak 4 orang, serta Bidang Lintas Alam Kategori Umum sebanyak 3 orang, Bidang Lintas Alam Kategori Pelajar sebanyak 3 orang, terakhir Bidang Foto Lingkungan Hidup sebanyak 3 orang.

Tampak hadir dalam kegiatan penyerahan penghargaan tersebut antara lain, Sekretaris Daerah Sumbar, seluruh unsur Forkopimda Sumbar, seluruh Kepala OPD lingkup Pemprov Sumbar, para Ketua organisasi kepemudaan Sumbar, dan para undangan lainnya. (Adpsb/Busan)


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts