SMPN 4 X Koto Kembangkan Extra Kurikuler

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, Tanah Datar- Pelestarian budaya tradisional suatu hal yang harus diwarisi generasi muda, yang diawali dari jenjang pendidikan melalui kegiatan ekstra kurikuler di sekolah.

 

Read More

Hal tersebut Bupati Tanah Datar Eka Putra saat menjadi motivator sekaligus menyaksikan Penandatanganan MoU antara perguruan silat taduang bangkeh dengan UPT SMPN 4 X Koto di aula setempat, Kamis (9/3).

 

Disampaikan Bupati Eka Putra, pengembangan adat dan budaya harus dilestarikan dengan mewariskan kepada generasi muda. Untuk itu pemerintah daerah mengapresiasi SMPN 4 X Koto yang telah menumbuhkembangkan kreatifitas dalam proses belajar mengajar di sekolah, dengan mengembangkan program ekstra kurikuler sekolah yaitu pencak silat.

 

“Kegiatan yang dilaksanakan SMPN 4 X Koto ini merupakan kegiatan yang sangat strategis karena telah mengembangkan kegiatan ekstra kurikuler dan bekerja sama dengan perguruan silat Taduang Bangkeh,” ungkapnya.

 

Eka Putra juga tambahkan, saat ini generasi muda banyak yang tidak tahu lagi prosesi adat, tarian khas, kesenian khas bahkan kuliner khas daerahnya. Semoga dengan adanya kegiatan ekstra kurikuler ini tentunya kita harapkan bisa melestarikan kembali kesenian tradisional silat.

 

Kepada seluruh jajaran SMPN 4 X Koto, Bupati juga berharap agar terus meningkatkan kualitas pendidikan dan konsisten menjaga semangat dalam mencetak generasi unggul, berkualitas dan berkarakter dalam rangka menyonsong generasi emas 2045.

 

Selanjutnya kepada siswa, Bupati juga mengingatkan untuk senantiasa menjauhkan diri dari hal-hal yang negatif yang bisa merusak diri dan masa depan mereka. “Teruslah bersemangat, rajin, selalu bersyukur dan berdoa. Yang terpenting kalian jangan pernah meninggalkan shalat,” pesan Eka Putra.

 

Sementara Plt. Kepala SMPN 4 X Koto Osmaidar sampaikan terima kasih atas kehadiran pimpinan daerah dalam mendukung program kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka MoU dengan perguruan silat Taduang Bangkeh untuk kegiatan silat sebagai pelajaran ekstra kurikuler.

 

Osmaidar juga sampaikan siswa SMPN 4 X Koto tahun ajaran 2023-2023 sebanyak 72 siswa terdiri dari kelas VII 14 siswa, kelas VIII 24 siswa dan kelas IX 34 dengan fasilitas lengkap 9 lokal dan laboratorium, dan 12 orang guru.

 

Sebelumnya, Ketua perguruan silat Taduang Bangkeh Mustafa Akmal sampaikan terima kasih atas dukungan Pemerintah daerah untuk kerjasama kegiatan pembelajaran kurikuler silat. “Perguruan silat Taduang Bangkeh selain dengan SMPN 4 X Koto juga sudah melakukan kerjasama dengan sekolah SD, SMP dan SMA Batipuh,” terangnya. (Mi/pkp)


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts