Uni Eropa sebagai Pelopor Organisasi Kawasan

  • Whatsapp
Siti Azzahra (Foto: Dok. Istimewa)

Oleh: Siti Azzahra (1910852027_siti@student.unand.ac.id)

Uni Eropa atau European Union merupakan salah satu organisasi kawasan yang menaungi negara negara di Eropa. Pada saat ini anggota Uni Eropa sendiri berjumlah 27 negara. Terbentuknya organisasi Uni Eropa ini disebabkan setelah Perang Dunia II. Pada saat Perang Dunia II, keadaan dunia internasional sangat kacau dan negara negara dapat dikatakan banyak yang hancur. Bagi mahasiswa Hubungan Internasional, kawasan Eropa menjadi salah satu kawasan yang menarik untuk dikaji.

Read More

Seorang tokoh federalist Italia (Spinelli) membentuk blue print dengan judul United States of Europe dan ini merupakan cikal bakal terbentuknya organisasi Uni Eropa. Uni Eropa sendiri pada saat pasca Perang Dunia II juga lebih memperhatikan perbaikan ekonomi daripada masalah keamanan.

Kawasan Uni Eropa sendiri sudah menjadi pelopor sebagai organisasi kawasan, hal ini juga diikuti oleh kawasan Asia Tenggara yang mempunyai organisasi bernama ASEAN. Uni Eropa juga sempat melakukan enlargement yaitu perluasan yang bertujuan untuk membuat anggota Uni Eropa lebih banyak. Untuk menjadi anggota Uni Eropa, calon negara anggota yang ingin bergabung dengan Uni Eropa harus membaca Acquis Communautaire yaitu semacam kitab bagi Uni Eropa yang mengatur perjanjian, bentuk legislasi, dan norma yang berjumlah kurang lebih 20 ribu halaman.

Dapat dilihat sampai saat ini, eksistensi kawasan Eropa dan juga negara anggotanya dapat mempengaruhi dunia internasional. Seperti kejadian Brexit atau (British Exit) yang mana keluarnya Inggris dari Uni Eropa juga menarik perhatian dunia internasional. Uni Eropa merupakan salah satu kawasan yang mempelopori adanya organisasi kawasan. Setelah terbentuknya Uni Eropa, kawasan seperti Asia Tenggara juga membentuk integrasi untuk membentuk kerja sama kawasan.

Related posts