Bawaslu Kota Padang Panjang Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM,PADANG PANJANG,- Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kota Padang Panjang menggelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif pada Pemilu 2024,di Auditorium Mifan Waterpark. Kamis (13/10/2022).

Menghadirkan narasumber Ketua Bawaslu Padang Panjang, Santina, S.P dan anggota Jhoni Aulia, S.Sos.I serta Darusman Hendra, S.E.I, sosialisasi ini turut diikuti Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW), Nova Era Yanthy Asrul dan berbagai elemen masyarakat yang ada di Padang Panjang. Di antaranya LPM, KNPI, KAN, PPDI, Karang Taruna, PMI dan lainnya.

Read More

Santina menyebutkan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat serta mengajak untuk bisa berperan aktif dalam pengawasan partisipatif pada Pemilu 2024.

“Pengawasan partisipatif menjadi satu hal yang penting, karena seluruh masyarakat merupakan komponen krusial dalam proses demokrasi. Terlebih, kesadaran masyarakat dan keikutsertaan dalam kegiatan pengawasan menjadi pondasi utama dalam menciptakan pemilu dan pemilihan yang ideal,” jelasnya.

Ditambahkannya, bentuk peran masyarakat dalam pengawasan pemilu yaitu memberi informasi awal, mencegah pelanggaran, mengawasi/memantau serta melaporkan.

“Sedangkan jenis pusat pengawasan partisipatif itu, pengawasan berbasis IT, pojok pengawasan, forum warga, Saka Adhyasta Pemilu, pengabdian masyarakat, dan media sosial,” tambahnya.

Pihaknya berharap kepada 56 peserta yang hadir untuk dapat menjadi perpanjangan tangan Bawaslu dalam menyampaikan informasi terkait kepemiluan, kepada masyarakat sekitar.ungkapnya. (Edi Fatra/des).

Related posts