Bawaslu Solsel Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu

  • Whatsapp
Deklarasi pengawasan Pemilu 2024
Deklarasi pengawasan Pemilu 2024

MINANGKABAUNEWS.COM, SOLOK SELATAN – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Solok Selatan menggelar Sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif dengan tema Siaga Pengawasan menjelang satu tahun menuju Pemilu serentak 2024. Kegiatan ini dilakukan dengan menggandeng Pemerintah Kabupaten Solok Selatan.

Bupati Solok Selatan H. Khairunas menyatakan komitmennya untuk mendukung penuh pelaksanaan Pemilu yang kondusif sesuai dengan asas luberjurdil di Kabupaten Solok Selatan.

Read More

Selain itu, juga perlu diupayakan mpeningkatan partisipasi pemilih pada saat Pemilu. Menurut data Pemilu sebelumnya, tingkat partisipai masyarakat Solok Selatan merupakan yang tertinggi di Sumatera Barat, pada pemilu legislatif mencapai 81,70% dan Pilkada sebesar 81,67%.

“Saya mengajak kepada kita semua, KPU, BAWASLU, Pengurus Parpol, OPD Terkait, Kecamatan, Nagari, sampai tingkat Jorong, kita edukasi masyarakat kita dengan baik, sehingga dalam pelaksanaan nantinya tercipta suasana yang kondusif dan sesuai asas luberjurdil,” kata Khairunas di Aula Sarantau Sasurambi Kantor Bupati Solok Selatan, Selasa (14/02/2023).

Senada, Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda juga menyatakan komitmennya untuk mendukung pelaksanaan Pemilu yang aman dan kondusif.

Zigo menegaskan bahwa tugas pelaksanaan Pemilu adalah tugas bersama. Untuk itu juga menjadi tanggung jawab bersama untuk melancarkan Pemilu, sehingga nantinya terpilih calon pimpinan dan calon wakil rakyat yang kompetitif, berkualitas, dan betul-betul paham dengan kondisi masyarakatnya, khususnya di Kabupaten Solok Selatan.

“Mari kita jadikan Pemilu nanti adalah Pemilu suka ria, Pemilu yang aman, damai, dan tentram. Kita juga sampaikan kepada Bawaslu agar memberikan sosialisasi yang masif kepada masyarakat,” kata Zigo Rolanda di kesempatan yang sama.

Ketua Bawaslu Kabupaten Solok Selatan, Muhammad Ansyar mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta pemerintah daerah dalam pengawasan pemilu dan partisipasi masyarakat selaku pemilik kedaulatan suara dalam mengawal dan mengawasi Pemilu untuk terwujudnya Pemilu serentak tahun 2024 yang berintegritas, aman dan damai sesuai dengan asas pemilu.

Bersamaan dengan itu juga dilakukan Launching Posko Kawal Hak Pilih dan Deklarasi Kampanye Damai dan Berintegritas serta diiringi dengan penandatanganan deklarasi kampanye pemilu damai tahun 2024 oleh seluruh stakeholder di Solok Selatan.

Dalam kesempatan ini seluruh jajaran yang hadir juga melakukan penandatangan Deklarasi Kampanye Damai Pemilu Tahun 2024.

Kegiatan ini diikuti juga oleh Wakil Bupati H Yulian Efi, Sekdakab, Kepala OPD, Pimpinan Partai Politik, Perwakilan Organisasi Kemasyarakatan.

Untuk diketahui, pelaksanaan Pemilu nantinya akan jatuh pada Rabu (14/2/2024). (rls)


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts