Dinkes Tes Kebugaran, 105 Calon Jemaah Haji

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM,PADANG PANJANG – Dari 109 orang Calon Jemaah Haji (CJH) Kota Padang Panjang, sebanyak 106 di antaranya hadir untuk mengikuti tes kebugaran di Lapangan Bancalaweh, Selasa (9/1/2023).

Tes kebugaran yang dilaksanakan Dinas Kesehatan (Dinkes) bersama Kantor Kementerian Agama (Kemenag) itu, satu CJH tidak dapat mengikuti tes.

Read More

Kepala Dinas Kesehatan dr. Faizah bersama Kepala Bidang Kesmas dan P2P, Rahmaisa, SKM menyampaikan, dari 109 CJH yang hadir 106 orang. Ada satu yang tidak bisa ikut tes karena tekanan darah melebihi batas yang diperbolehkan.

“Hari ini kita hanya melakukan tes kepada 105 orang. Dari 109, cuma hadir 106 orang dan satu lagi tidak bisa ikuti tes dikarenakan tekanan darahnya melebihi batas,” ujarnya.

Selain pelaksanaan tes kebugaran ini, pihaknya juga melakukan vaksin booster Covid-19. Ini merupakan salah satu syarat bagi CJH untuk mengikuti ibadah haji nantinya.

Untuk tes kebugaran kali ini dilakukan dengan dua metode. Bagi CJH yang berumur di atas 60 tahun, melakukan metode Six Minute Walking Test (SMWT). Metode ini dilakukan dengan berjalan selama 6 menit. Ini sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Tahun 2023.

Namun untuk umur di bawah 60 tahun tetap dengan pemeriksaan Rockpot. Di mana CJH melakukan peregangan, lalu berlari dan berjalan cepat sejauh 1,6 km dan petugas mencatat waktu tempuh. Kemudian CJH istirahat lima menit selanjutnya diukur nadinya.

Untuk tahun ini CJH yang paling tua berumur 82 tahun dan yang paling muda berumur 24 tahun.

“Alhamdulillah setelah dites kebugaran, para CJH kita saat ini hasilnya bagus dan baik. Kita harapkan ke depan kesehatan para CJH kita baik-baik saja. Mereka diberikan penyuluhan agar tetap menjaga kebugaran dan kesehatan dengan tetap berolahraga minimal berjalan kaki,” tuturnya.

Sementara itu salah seorang CJH yang juga merupakan Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si tampak ikut dalam tes kebugaran tersebut dan hasilnya bagus.

“Alhamdulillah hasil tes kebugaran kami para CJH bagus. Kita berharap semua CJH Padang Panjang memiliki kondisi fisik yang bugar dan sehat. Semoga kita semua bisa berangkat ke Tanah Suci dengan kondisi yang baik pula,” ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kabid Yankes, Promkes dan SDK, Oktafihendri, S.Kep, Subkoordinator Yankes Yulia Desmon, SKM, M.Cio, Subkoord Kesling, Kesker dan Kesjaor, Novriza Yulida, SKM, MPH dan tim kesehatan dari empat Puskesmas serta jajaran Kemenag Kota Padang Panjang. (Edi Fatra/cg).


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts