Inilah Alasan MotoGP Argentina 2022 Hari Jum’at Dibatalkan

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, MOTO GP — CEO Dorna Carmelo Ezpeleta mengatakan penundaan jadwal MotoGP Argentina 2022 merupakan efek dari Perang Rusia vs Ukraina.

Seluruh latihan bebas MotoGP Argentina 2022 di Sirkuit Termas de Rio Hondo yang seharusnya digelar hari ini, Jumat (1/4), dibatalkan karena belum semua kargo tim MotoGP, Moto2, dan Moto3 tiba di Argentina.

Read More

Ezpeleta mengatakan pihak Dorna sudah berusaha mencari pesawat kargo tambahan untuk membawa kargo tim yang tertahan di Mombasa, Kenya. Namun Dorna kesulitan karena tidak ada pesawat kargo yang tersedia.

Ezpeleta mengetakan kesulitan Dorna mencari pesawat kargo cadangan karena 20 persen perusahaan kargo di dunia berasal dari Rusia, yang sedang dalam hukuman terkait invasi ke Ukraina.

“Kami sudah belajar banyak dalam 30 tahun terakhir dalam menjalankan MotoGP mengenai penerbangan kargo. Masalah ini muncul karena perang Rusia vs Ukraina. Banyak penerbangan untuk kargo berasal dari perusahaan Rusia dan semua penerbangan ini dilarang saat ini,” ucap Ezpeleta dikutip dari Motorsport.

“Kami kehilangan hampir 20 persen penerbangan yang tersedia di dunia, dan masalah terbesar saat ini adalah tidak ada penerbangan lain tersedia, karena menurut kami, kami punya waktu yang cukup dari Rabu lalu hingga sekarang untuk menyelesaikan masalah,” ujar Ezpeleta.

Ezpeleta juga tidak mempermasalahkan jadwal MotoGP dari Mandalika ke Argentina. Meski jaraknya jauh, Dorna punya waktu lebih dari sepekan usai MotoGP Mandalika untuk menggelar MotoGP Argentina.

“Ini kasus pertama, mungkin kami perlu mempertimbangkan kembali dan memastikan juga ketika kami memiliki balapan back-to-back, tapi kali ini bukan jeda seminggu di tengah [antara Indonesia dan Argentina] balapan. Sayangnya kami tidak dapat menyelesaikan situasi untuk menghindari masalah ini,” kata Ezpeleta.

“Kami sudah memiliki 499 Grand Prix yang kami selenggarakan dan untungnya ini kali pertama kami mengalami masalah ini, dan jujur jika dilihat secara keseluruhan ini tidak baik, tetapi kami siap untuk menerima hal-hal semacam ini,” sambung Ezpeleta.

MotoGP Argentina 2022 baru akan dimulai Sabtu (2/4) dengan mengalami perubahan jadwal.

Related posts