Kadis Sumbar Resmi Launching Sentra Ternak DD Farm DD Singgalang dan Sentra Ternak Cahaya YBM PLN UP2D Sumbar

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG PARIAMAN – Program satu tahun lebih dari Sentra Ternak DD Farm Rumah Gadang Padang Pariaman, dan Sentra Ternak Cahaya Yayasan Baitul Maal (YBM) UP2D Sumbar. Sekarang resmi diluncurkan oleh Kepala Dinas Perternakan Sumatera Barat. Bertempat di Sentra Ternak DD Farm Korong Toboh Sikumbang, Nagari Balah Aia, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak, Kabupaten Padang Pariaman, Kamis (24/02/2022).

Kepala Dinas Erinaldi, Peternakan Sumbar, menyatakan dalam sambutannya melihat kemajuan program DD Farm ini, seharusnya nanti bisa beralih bukan batas pengiriman, namun bisa menjadi Korporasi Desa. “Kita dapat berkaca dengan program www.pancarancenter, ada istilah Korporasi Desa”, ungkapnya.

Read More

Jadi, ada unit induk yang memanajemen realisasi program, seperti contohnya dibidang peternakan. “Kita sudah realisasi di Solok Selatan, disana ada Korporasi Desa untuk peternakan sapi. Nantinya, Korporasi Desa ini akan coba kita realisasikan untuk Sentra DD Farm Padang Pariaman, nanti pihak DD Singgalang masukkan program proposal,” tutur Erinaldi.

Erinaldi juga menambahkan, program wujud jangka panjang, akan tersedia lebih dari 1.000 ekor kambing/domba per Kecamatan di Padang Pariaman. “Dan jika program ini berjalan baik kedepannya. DD Farm akan mempersiapkan sentra manajemen atau menjadi wujud nyata Korporasi Desa itu,”.

“Semoga program Sentra Ternak DD Farm berjalan lancar dan maksimal kedepannya,” imbuhnya.

Ricki Yacob, Manager PLN UP2D Sumbar mengatakan, khusus untuk program Sentra Ternak Cahaya merupakan bentuk kerjasama Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN UP2D Sumbar dengan DD Singgalang. “Alhamdulillah kita sudah menjalin kerjasama dengan DD Singgalang untuk program ini sejak November 2021. Hari ini resmi kita launching bersama Sentra Ternak DD Farm Rumah Gadang DD Singgalang yang sudah berjalan selama satu tahun,” ujar Ricki.

YBM PLN, turut menghimpun dana zakat seluruh karyawan sebanyak 2,5 %. Terkhusus Sumbar, YBM PLN UP2D Sumbar juga mengimplementasikan, dari dana zakat ke salah satu program ekonomi sentra peternakan ini, agar bermanfaat bagi penerima manfaat.

“Semoga program ini membawa berkah, terus berkembang, dan dapat meningkat kan perekonomian masyarakat,” tutupnya.

Dalam kesempatan ini, Hadie Bandarian Syah, Pimpinan Cabang DD Singgalang menyampaikan salah satu program unggulan DD Singgalang. 

Sistemnya Close Loop, terintegrasi dari hulu ke hilir. Artinya, DD akan memfasilitasi dan dampingi program. Mulai dari fasilitas bangunan, ketersediaan pakan, obat-obatan domba dll. Selanjutnya, untuk permintaan pasarpun kita konfirmasi ke peternak.


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts