Pelebaran Ruas Jalan Provinsi si Nagari Barulak Ditargetkan Selesai November 2022

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, TANAH DATAR-Pelebaran ruas jalan Provinsi di Nagari Barulak, Kecamatan Tanjung Baru, Kabupaten Tanah Datar ditargetkan selesai pengaspalannya pada November tahun ini.

“Karena ini jalan Provinsi maka pengerjaannya akan dilaksanakan oleh pihak Provinsi. Saat ini sudah ada pemenang tendernya dan sudah dimulai pembersihan di lapangan. Ditargetkan pada November sudah selesai pengerjaan pengaspalan,” kata Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Tanah Datar Refdizalis saat ditemui di Nagari Barulak Selasa, (2/8/2022).

Terkait pelebaran jalan, Refdizalis sangat mengapresiasi masyarakat Nagari Barulak khususnya yang ada di Jorong Lompatan Datar dan Jorong Dalam Nagari yang telah menghibahkan bidang tanahnya secara ikhlas ke Pemkab Tanah Datar dalam mendukung pembangunan daerah.

Sebagai gantinya, Pemerintah Daerah memberikan nilai penggantian wajar ke masyarakat berdasarkan hasil penghitungan dari Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) di Padang.

“Kalau masalah tanah masyarakat telah menghibahkannya ke Pemda Tanah Datar dengan ikhlas. Artinya kita hanya mengganti bangunan atau pagar dampak pelebaran. Hasilnya telah dihitung secara profesional dan dapat dipertanggung jawabkan,” kata Refdizalis.

Lebih lanjut, untuk proses ganti rugi kata dia, akan diterima langsung oleh masyarakat yang dikirim ke rekening masing-masing melalui Bank Pembangunan Daerah.

“Nanti kita di bagian keuangan daerah akan memproses dan langsung ditransfer ke masyarakat. InsyaAllah dalam minggu depan paling lambat sudah bisa diterima langsung oleh masyarakat,” katanya.

Sementara Salmiati, salah seorang warga Barulak di Jorong Lompatan Datar, yang mendapatkan ganti rugi wajar mendukung pelebaran jalan di Nagari Barulak.

Meski pagar rumahnya dibongkar akibat pelebaran, ia merasa pergantian nilai wajar dari pemerintah daerah cukup seimbang dengan apa yang serahkan nya.

“Saya yang terdampak oleh pelebaran jalan adalah pagar rumah, dan diganti oleh pemerintah sebesar Rp11.289.000. Penggantian itu cukup setimpal, dan kami mendukung pelebaran jalan di Nagari Barulak,” katanya.(Mi/KmfoTd)

Related posts