Terapkan Prokes, Wabup Rahmang Buka Secara Resmi MTQ Tingkat Kecamatan

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG PARIAMAN – Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) nasional ke-48 pada 1443 Hijriah/ 2022 Masehi di Kecamatan Lubuk Alung berlangsung sukses. Kegiatan yang diawali dengan tari pasambahan dan tari piriang tersebut, dipusatkan di Surau Balenggek, Korong Balah Hilia Utara, Nagari Balah Hilia Lubuk Alung, Kecamatan Lubuk Alung, Jum’at (13/5/2022) siang.

MTQ tingkat kecamatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Padang Pariaman Rahmang didampingi Asisten 1 Setdakab. Rudi Rahmad, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman Syafrizal, Kabag Kesra Azwarman dan Camat Lubuk Alung Dion Franata beserta jajarannya.

Read More

Dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, kegiatan diikuti oleh 225 peserta/kafilah yang berasal dari sembilan nagari yang ada di Kecamatan Lubuk Alung beserta dewan juri dan hakim.

Wabup Rahmang dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan MTQ harus tetap dipertahankan dan apabila perlu ditingkatkan kapasitasnya. Kegiatan musabaqoh ini, merupakan perwujudan implementasi Padang Pariaman yang Religius ditengah masyarakat.

“Pelaksanaan MTQ ini, merupakan momentum kita untuk lebih meningkatkan kecintaan terhadap Al-Qur’an, seberapa banyak kita membaca Al Qur’an setiap hari. Hal ini jelas sangat mendukung visi pemerintah daerah, yaitu Padang Pariaman Berjaya” ucap Rahmang.

Pihaknya berharap, agar kegiatan ini dapat kita semarakkan. Namun, dikarenakan tengah pandemi Covid-19 agar kegiatan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Sementara itu, Camat Lubuk Alung Dion Franata menyebutkan, walaupun ditengah pandemi Covid-19 dan dengan keterbatasan dana ini, kita harus tetap bisa melaksanakan MTQ tingkat Kecamatan. Walaupun sempat terhenti selama 2 tahun akibat pendemi Covid-19, dapat terlaksana pada hari ini dengan dukungan seluruh pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

“Alhamdulillah, kegiatan pembukaan MTQ pada hari ini lancar, dan masyarakat tertib. Kegiatan MTQ ini kita selenggarakan selama dua hari, yaitu pada 13 dan 14 Mei 2022 yang bertempat di Surau Balenggek,” sebutnya.

Ada tiga cabang yang dilombakan dalam musabaqah tersebut. Yaitu, Cabang Tilawah Dewasa, Tilawah Anak dan Tilawah Remaja. Sementara lokasi lomba yakni, Masjid Baitul Hajar untuk Cabang Tilawah TK, Tilawah Dasar, Tilawah dan Tahfiz 5 juz non tilawah.

Related posts