Dari Kota Solok Wako Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual Dengan Presiden RI

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – Walikota Solok Zul Elfian Umar ikuti upacara Hari Lahir Pancasila, Rabu (1/6/2022), secara virtual di ruang kerja Walikota di Balaikota Solok.

Upacara Hari Lahir Pancasila ini dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan diikuti seluruh pejabat negara dan kepala daerah di Indonesia, dan difokuskan di Kota Ende Nusa Tenggara Timur.

Read More

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam amanatnya mengungkapkan alasan kenapa pelaksanaan Hari Lahirnya Pancasila dipusatkan di Kota Ende Nusa Tenggara Timur.

Menurut Joko Widodo, pemusatan upacara Hari Lahir Pancasila berawal dari sejarah keberadaan presiden Soekarno di Ende. Di Kota Ende ini Presiden pertama Republik Indonesia Soekarno merumuskan pancasila, yang disyahkan PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) sebagai dasar negara, dan mewariskan pada bangsa Indonesia hingga saat ini.

“Di Kota Ende ini, saya mengajak seluruh anak bangsa untuk membumikan pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, dan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ajak Presiden Jokowi.

Lebih lanjut Jokowi mengingatkan agar seluruh anak bangsa betul-betul mewujudkan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Tugas kita semua menjadikan Pancasila sebagai ideologi yang bekerja dan dirasakan manfaatnya oleh seluruh rakyat Indonesia.

“Saya mengajak seluruh tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh politik, dan seluruh elemen terkait untuk menjadi teladan, contoh, dan aktualisasi dalam penerapan nilai-nilai Pancasila, dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” pesanya.

Related posts