Gandeng BNN Kota Payakumbuh, Lapas Bukittinggi Gelar Tes Urine, Ini Targetnya

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, BUKITTINGGI – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bukittinggi bersama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Payakumbuh menggelar tes urine terhadap warga binaan dan pegawai lapas, Senin (20/3/2023).

Pelaksanaan tes urine kali ini, dipantau langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sumbar beserta jajaran, Forkopimda Bukittinggi, dan Kesbangpol Bukittinggi. Sebanyak 589 orang warga binaan ditambah dengan 72 orang pegawai mengikuti tes urine.

Read More

Pemantauan pelaksanaan tes urine oleh stakeholder terkait di Lapas Kelas IIA Bukittinggi.

Tes urine yang dilakukan bertujuan agar warga binaan dan pegawai lapas bebas dari narkoba dengan selogan Bersinar (Bersih Narkoba). Salah satu yang dilakukan adalah mengelar tes urine terhadap warga binaan dan pegawai.

Sebab, lapas harusnya bebas dari narkoba tapi opini dari masyarakat bahwa di lapas masih banyak narkoba yang beredar. Oleh karena itu, pihaknya mengelar tes urine untuk menjawab pertanyaan masyarakat tersebut.

Kepala Kanwil Kemenkumham Sumbar, Haris Sukamto memberikan apresiasi kepada Lapas Bukittinggi yang telah memulai atau mengelar tes urine bagi warga binaan dan seluruh pegawai.

“Dari 28 Satuan Kerja (Satker) Lapas Bukittinggi termasuk yang awal mengelar tes urine. Kegiatan tersebut dalam rangka menyikapi perkembangan yang sangat marak di Sumbar dan ini kegiatan positif untuk memastikan bahwa Lapas Bukittinggi berjuang melakukan yang terbaik yakni bebas narkoba,” kata Haris.

Terpisah, Plh. Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Payakumbuh, Denni Ashar mengatakan, Tes urine telah dilaksanakan.

“Ya, dari warga binaan maupun pegawai lapas yang telah melaksanakan tes urine hasilnya negatif semua,” kata Denni Ashar mengakhiri. (*)


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts