Rilis Kemendagri: Jumlah Penduduk Kota Padang Panjang Capai Angka 62,731 Jiwa

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.com, PADANG PANJANG – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil merilis Data Konsolidasi Bersih Kependudukan Semester 2 Tahun 2023.

“Merujuk dari data tersebut, jumlah penduduk Kota Padang Panjang berjumlah sebanyak 62.731 jiwa,” ujar Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data Dinas Dukcapil, Windo A Rezzo, S.Kom, M.Si., kepada minangkabaunews.com, Minggu (31/3/2024).

Read More

Disampaikan Rezzo, angka ini meningkat dari data Semester sebelumnya yang berjumlah 61.559. Kalau dibandingkan data agregat kependudukan Semester ini, memang ada penambahan jumlah penduduk dibanding Semester lalu sebanyak 1.172 jiwa.

“Bertambah atau berkurangnya jumlah penduduk ini dipengaruhi beberapa hal. Di antaranya Kelahiran, Kematian, Perpindahan dan Kedatangan Penduduk,” sebutnya.

Untuk Semester 2 Tahun 2023 ini data migrasi penduduk yang pindah dari Padang Panjang sebanyak 1.731 jiwa, yang datang ke Padang Panjang sebanyak 2.174 jiwa dan yang meninggal sebanyak 406 jiwa serta yang membuat NIK baru berjumlah 1.041 jiwa.

Berdasarkan data tersebut Kelurahan Kampung Manggis (7.969 jiwa) dan Kelurahan Guguk Malintang (7.208 jiwa) masih menjadi Kelurahan dengan jumlah penduduk paling banyak. Sedangkan untuk Kelurahan dengan jumlah penduduk paling sedikit masih berada di Kelurahan Koto Katik (1.351 jiwa) dan Kelurahan Pasar Baru (1.752 jiwa).

“Dari analisa kita jumlah penduduk di Padang Panjang yang datang memang lebih banyak dibandingkan jumlah pindah. Lebih dari dua kali lipat. Begitu juga dengan jumlah masyarakat yang mengurus NIK baru,” terangnya.

Ditambahkannya, dengan Data kependudukan yang akurat memungkinkan pembuat kebijakan dalam hal ini Pemerintah Daerah untuk memahami jumlah, komposisi, dan distribusi penduduk, yang sangat penting untuk perencanaan dan alokasi sumberdaya yang efektif.

Selain itu, imbuhnya, data kependudukan akan membantu untuk mengidentifikasi tren demografis, seperti tingkat pertumbuhan populasi, struktur usia, dan pola migrasi. (Edi Fatra/ril).


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts